ANALISIS PENGETAHUAN DAN KESULITAN BELAJAR SISWA TENTANG VIRUS DI KELAS X SMA NEGERI 2 TANJUNGBALAI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Siregar, Ade Elfita Hariani and Hasruddin (2017) ANALISIS PENGETAHUAN DAN KESULITAN BELAJAR SISWA TENTANG VIRUS DI KELAS X SMA NEGERI 2 TANJUNGBALAI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of AEH Siregar, Hasruddin.pdf]
Preview
Text
AEH Siregar, Hasruddin.pdf - Published Version

Download (775kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi virus di kelas X dari aspek kognitif, dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa di kelas X SMA Negeri 2 Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2015/2016. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 358 orang. Sampel diambil secara acak yaitu kelas X3 dan X8 dengan jumlah siswa 66 orang di SMA Negeri 2 Tanjungbalai. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa pada materi virus dan angket kesulitan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif tingkat pengetahuan (C1) yaitu 64.02% dengan kategori kesulitan sangat tinggi, tingkat pemahaman (C2) yaitu 62.63 dengan kategori kesulitan sangat tinggi, tingkat penerapan (C3) yaitu 60.31% dengan kategori kesulitan sangat tinggi, tingkat analisis (C4) yaitu 66.67% dengan kategori kesulitan sangat tinggi, tingkat evaluasi (C5) yaitu 62.56% dengan kategori kesulitan sangat tinggi, tingkat (C6) yaitu 56.07% dengan kategori kesulitan sangat tinggi. Persentase kesulitan belajar sswa berdasarkan indikator pada materi virus indikator (1) 60.42% dengan kategori kesulitan sangat tinggi, indikator (2) 69.20% dengan kategori kesulitan sangat tinggi, pada indikator (3) 65.00% dengan kategori kesulitan sangat tinggi, pada indikator (4) 52.66% dengan kategori kesulitan sangat tinggi. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa yang paling dominan adalah inteligensi, minat, motivasi, psikiatik, keluarga, sekolah dan materi pelajaran, sedangkan faktor lainnya seperti kesehatan, guru, media, dan metode kurang mendukung dalam menyebabkan kesulitan belajar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kesulitan Belajar; Virus; Aspek Kognitif; Faktor Kesulitan Belajar
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM1001 Social psychology > HM1041 Social perception. Social cognition
L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC4001 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 23 Jan 2018 10:41
Last Modified: 23 Jan 2018 10:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28364

Actions (login required)

View Item
View Item