PENERAPAN METODE MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS DAN MEMBACA SISWA KELAS II SD NEGERI 064973 MEDAN

Novita, Devi Eka and Maksum, Hasan (2017) PENERAPAN METODE MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS DAN MEMBACA SISWA KELAS II SD NEGERI 064973 MEDAN. Jurnal Mediasi, 06 (02). pp. 44-59. ISSN 2085-6342

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (686kB) | Preview

Abstract

Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis dan motivasi belajar pada siswa kelas II SDN 064973 Medan melalui pembelajaran dengan media gambar. Untuk mengetahui dampak penggunaan media gambar bagi peningkatan kemampuan membaca dan menulis pada siswa kelas II SDN 064973 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas II SDN 064973 Medan yang berjumlah 23 orang.Data-data yang diperoleh dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan melalui tes serta analisis dokumen. Kemudian data-data yang dihasilkan diolah dengan cara kritis dan deskriptif komparatif. Teknik tersebut mencakup kegiatan untuk mengungkap kelemahan dan kelebihan siswa dan guru dalam proses belajar mengajar berdasarkan kriteria. Hasil análisis kritis tersebut dijadikan dasar dalam penyusunan perencanaan tindakan untuk tahap berikutnya sesuai dengan siklus yang ada.Dari hasil penelitian tindakan kelas diperoleh sebelum tindakan 30.43 %, siklus pertama menjadi 52 %, siklus kedua menjadi 69.56 %, dan siklus ketiga menjadi 82.60 %. Pelaksanaan penerapan pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa. Kondisi awal sebelum dilakukan penelitian nilai rata-rata 63,33. Dengan adanya penelitian meningkat menjadi 77,41. Dengan demikian, indicator kompetensi belajar siswa kelas II SDN 064973 Medan pada kemampuan membaca dan menulis permulaan meningkat lebih baik dari yang di standarkan yaitu rata-rata 70,00. Dalam pembelajaran membaca dan menulis permulaan keterpaduan empat aspek kebahasaan yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis sangat besar dan tidak dapat dipisahkan.

Item Type: Article
Keywords: Media gambar; Menulis; Membaca; Bahasa Indonesia; Metode belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Jan 2018 09:32
Last Modified: 13 Jan 2018 03:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28144

Actions (login required)

View Item
View Item