Silitonga, Rebeca Yolanda (2017) SIKAP SISWA TERHADAP PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN KELAS X IIS DI SMA HANG TUAH BELAWAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3131121039 COVER.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
2. NIM. 3131121039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
3. NIM. 3131121039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4. NIM. 3131121039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM. 3131121039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
6. NIM. 3131121039 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 3131121039 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
8. NIM. 3131121039 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
9. NIM. 3131121039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
13. NIM. 3131121039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
14. NIM. 3131121039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) untuk mengetahui sikap siswa terhadap pelajaran Sejarah Peminatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif dimana sumber data yang diperoleh dari lapangan berhubungan dengan masalah yang sedang diteliti yaitu mengenai sikap siswa terhadap pelajaran sejarah peminatan. Metode lainnya adalah pengamatan lapangan (field research) dengan melakukan wawancara langsung dan penyebaran angket kepada siswa kelas X IIS dan guru SMA Hang Tuah Belawan terkait dalam penelitian. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti diperoleh bahwa pada tanggal 09 Agustus 2017, siswa memiliki sikap yang baik terhadap pelajaran sejarah peminatan dikarenakan beberapa faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang meliputi faktor fisiologis. Sedangkan faktor eksternal seperti pengalaman, situasi yang dihadapi, norma – norma yang berlaku, hambatan – hambatan atau pendorong yang ada dalam masyarakat. Siswa memiliki pengetahuan tentang pelajaran Sejarah peminatan dan menyenangi pelajaran sejarah peminatan. Karena siswa mengetahui tujuan belajar sejarah yaitu membangun kepribadian dan sikap mental siswa, mengantarkan siswa ke arah kejujuran dan kebijaksanaan, dan menanamkan cinta bangsa dan sikap kemanusiaan kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 SJRH 001 |
Keywords: | SIKAP, PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography > GA51 Surveys (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Jan 2018 11:50 |
Last Modified: | 11 Jan 2018 01:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28096 |