Pangaribuan, Chandro (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN ALAT ALAT TANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELA X SMK SWASTA MANDIRI PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5123122006 COVER.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
02. NIM 5123122006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
03. NIM. 5123122006 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
04. NIM. 5123122006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
05. NIM. 5123122006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
06. NIM. 5123122006 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
07. NIM. 5123122006 TABLE.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
08. NIM. 5123122006 APENDICES.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
09. NIM. 5123122006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
13. NIM. 5123122006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
14. NIM. 5123122006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada
kompetensi dasar pekerjaan Dasar Otomotif. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menetahui peningkatan hasil belajar dengan mengunakan model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran alat-alat tangan dikelas X SMK Swasta
Mandiri Percut Setuan T.A 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X TKR
dengan jumlah siswa sebanyak 37 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (classroom Action Reseach) degan mengunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Jigsaw. Objek penelitian ini adalah kegiatan belajar mengajar pada
materi Alat-Alat Tangan pengumpulan data mengunakan posttest dan lembar
pengamatan siswa. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai hasil belajar
siswa mengalami peningkatan dimana hasil belajar pada siklus I 23 orang dan siklus
II menjadi 32 orang. Berdasarkan peningkatan hasil belajar siswa yang telah
dinyatakan tuntas secara klasikal, maka dapat disimpulkan bahwa dengan
mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas X pada mata pelajaran alat-alat tangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 OTM 042 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TS Manufactures > TS200 Metal manufactures. Metalworking |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Dec 2017 10:17 |
Last Modified: | 09 Jan 2018 03:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28063 |