Tampubolon, Doni Indra (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MENJELASKAN STANDAR GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X TEKNIK SEPEDA MOTOR DI SMK SWASTGA MARKUS 2 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5123122008 COVER.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
02. NIM 5123122008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
04. NIM 5123122008 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
03. NIM 5123122008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
05. NIM 5123122008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
06. NIM 5123122008 TABLE.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
06. NIM 5123122008 TABLE.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
07. NIM 5123122008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
08. NIM 5123122008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
12. NIM 5123122008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
13. NIM 5123122008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajarMenjelaskan Standar Gambar Teknik pada siswa Kelas X TSM SMK Swasta Markus 2 Medan T.A. 2017/2018.Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Teknik Sepeda Motoryang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling yaitu kelas X TSM 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas X TSM 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 20 soal. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar menjelaskan standar gambar teknik menggunakan model pembelajaran Problem Based Learninglebih tinggi dari pada model pembelajaran EkspositoriSiswa Kelas X TSM SMK Swasta Markus 2 Medan. Hal ini ditunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu (5,10 > 1,671) pada taraf nyata α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar menjelaskan standar gambar teknik siswa kelas X TSM SMK Swasta Markus 2 Medan T.A 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 OTM 041 |
Keywords: | problem based learning, hasil belajar, gambar teknik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction > TH7700 Illumination. Lighting |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Dec 2017 10:17 |
Last Modified: | 09 Jan 2018 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28062 |