Irwandani, Muhammad (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF (TDO) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF SMK SWASTA T. AMIR HAMZAH INDRAPURA TAHUN AJARAN 2017/20. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5123122024-COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
02. NIM 5123122024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
03. NIM 5123122024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
04. NIM 5123122024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
05. NIM 5123122024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
06. NIM 5123122024 TABLE.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
07. NIM 5123122024 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
08. NIM 5123122024 APENDICES.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
09. NIM 5123122024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
13. NIM 5123122024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
14. NIM 5123122024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan yang diajarkan menggunakan model pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO) Siswa Kelas X SMK Swasta T. Amir Hamzah. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik sampel jenuh yaitu seluruh kelas X dengan X1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 orang dan Kelas X2 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 28 orang. Kelas Eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Sebelum dilakukan perlakuan pada kedua kelas tersebut, terlebih dahulu diberikan pretest pada masing-masing kelas untuk mengetahui kemampual awal siswa baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajarkan menggunakan model pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif (TDO) siswa kelas X SMK Swasta T. Amir Hamzah. Hal ini ditunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 8,13 > 1,67555 pada taraf nyata α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 OTM 039 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ268 Steam engineering > TJ603 Locomotives |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Dec 2017 10:16 |
Last Modified: | 09 Jan 2018 02:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28059 |