Pakpahan, Jaloasi (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK N 2 MEDAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK (PENGETAHUAN BAHAN TEKNIK) T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM, 5133321020 COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
2. NIM, 5133321020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
3. NIM, 5133321020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4. NIM, 5133321020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
5. NIM, 5133321020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM, 5133321020 TABLES.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
7. NIM, 5133321020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
8. NIM, 5133321020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
9. NIM, 5133321020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
13. NIM, 5133321020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
14. NIM, 5133321020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan : 1) untuk meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran Teknologi Mekanik (Pengetahuan Bahan Teknik), 2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Mekanik (Pengetahuan Bahan Teknik) SMK N 2 Medan melalui penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 2 Medan dengan jumlah sebanyak 35 orang. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap disetiap siklusnya, yakni , perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Proses pembelajarannya dilakukan dengan menerapkan model pembelajarn Quantum Teaching. Indikator hasil belajar pada penelitian ini berupa tercapainya ketuntasan belajar secara individual maupun klasikal. Siswa mencapai ketuntasan belajar jika telah mencapai nilai KKM (75) dan sebanyak 85% dari jumlah total siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar teknologi mekanik (Pengetahuan Bahan Teknik) siswa melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching mengalami peningkatan. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus II lebih baik daripada siklus I. Demikian pula hasil belajar pada siklus I lebih baik daripada pra siklus. Hal tersebut dapat dilihat dari ketuntasan awal adalah 17,14%. Pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching maka didapat siswa aktif sebesar 65,28% dan ketuntasan hasil belajardengan rata-rata nilai sebesar 72,42%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pada aktivitas maupun hasil belajar. Pada tindakan siklus II dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching bahwa aktivitas dan perolehan nilai semakin meningkat yaitu, 86,25% keaktifan dan 88,57% ketuntasan klasikal hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar Teknologi Mekanik (Pengetahuan Bahan Teknik) siswa Kelas X SMK N 2 Medan T.A. 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MSN 085 |
Keywords: | model pembelajaran quantum teaching; aktivitas belajar siswa; hasil belajar teknologi mekanik (pengetahuan bahan teknik) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1480 Agricultural machinery. Farm machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Dec 2017 10:06 |
Last Modified: | 29 Dec 2017 07:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28039 |