Sipahutar, Hendro Vico (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA ANTARA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS X SMK AWAL KARYA PEMBANGUNAN (AKP) GALANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5113321012 HENDRO VICO SIPAHUTAR COVER.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
2. 5113321012 HENDRO VICO SIPAHUTAR APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
3. 5113321012 HENDRO VICO SIPAHUTAR ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
4. 5113321012 HENDRO VICO SIPAHUTAR PREFACE.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
5. 5113321012 HENDRO VICO SIPAHUTAR TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
6. 5113321012 HENDRO VICO SIPAHUTAR LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
7. 5113321012 HENDRO VICO SIPAHUTAR LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
8. 5113321012 HENDRO VICO SIPAHUTAR LIST OF APPENDIXES.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
9. 5113321012 HENDRO VICO SIPAHUTAR CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
13. 5113321012 HENDRO VICO SIPAHUTAR CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
14. 5113321012 HENDRO VICO SIPAHUTAR REFERENCES.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar siswa
dalam mata pelajaran keselamatan dan kesehatan kerja”. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model
pembelajaran Jigsaw dengan Konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik
Permesinan SMK Awal Karya Pembangunan yang terdiri dari 2 kelas. Kelas
eksperimen 1 diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Jigsaw dan kelas
eksperimen 2 dengan model pembelajaran Konvensional. Dari hasil penelitian,
untuk kelas eksperimen 1 rata-rata pre-test sebesar 30,2 dan nilai rata-rata posttest
adalah 79,4 sedangkan nilai rata-rata pre-test untuk kelas eksperimen 2 adalah
37,2 dan nilai rata-rata post-test adalah 69. Persentase peningkatan hasil belajar
siswa pada kelas eksperimen 1 sebesar 61,96% dan pada kelas eksperimen 2
sebesar 46,09%. Hasil uji t diperoleh thitung 4,062 dan ttabel 1,676, sehingga
hipotesis yang berbunyi hasil belajar keselamatan dan kesehatan kerja siswa yang
diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw lebih tinggi
dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran
Konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MSN 083 |
Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Jigsaw,Keselamatan dan Kesehatan Kerja |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD4801 Labor. Work. Working class > HD7088 Social insurance. Social security. Pension L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Dec 2017 10:05 |
Last Modified: | 29 Dec 2017 07:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28037 |