Manalu, Donensen (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT MENGGAMBAR TEKNIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 DOLOKSANGGUL TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5131121004 DONENSEN MANALU COVER.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
2. 5131121004 DONENSEN MANALU VALIDITY SHEEETLEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
3. 5131121004 DONENSEN MANALU LEGITIMATION SHEET.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
4. 5131121004 DONENSEN MANALU ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
5. 5131121004 DONENSEN MANALU PREFACE.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
6. 5131121004 DONENSEN MANALU TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
7. 5131121004 DONENSEN MANALU LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
8. 5131121004 DONENSEN MANALU LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
9. 5131121004 DONENSEN MANALU LIST OF APPENDIXES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
10. 5131121004 DONENSEN MANALU CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
14. 5131121004 DONENSEN MANALU CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
15. 5131121004 DONENSEN MANALU REFERENCES.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Doloksanggul Tahun Ajaran 2017/2018. Melalui tindakan berupa penerapan model pembelajaran inkuiri, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggambar teknik kelas X Teknik Pemesinan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Arikunto yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana dalam setiap 1 siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan dan pada setiap siklus diselesaikan melelui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan, tahap refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Doloksanggul terdiri dari 31 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pilihan berganda. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatakan hasil belajar Menggambar Teknik. Hal tersebut dapat dilihat dari ketuntasan Tes awal adalah 16,12% dengan rata-rata nilai 52,90. Pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri maka didapat ketuntasan pada hasil belajar 41,93% dengan rata-rata nilai 67,74. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa baik dari ketuntasan maupun nilai rata-rata. Pada tindakan siklus II dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri bahwa perolehan nilai semakin meningkat yaitu 83,87% ketuntasan dan nilai rata-rata 79,67. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar menggambar teknik siswa kelas X TP SMK N 2 Doloksanggul Tahun Ajaran 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MSN 082 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI, HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK SISWA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA349 Mechanics of engineering. Applied mechanics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Dec 2017 10:04 |
Last Modified: | 29 Dec 2017 07:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28036 |