Alimi, Rizkan (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK (TIPTL) SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5122131010 COVER.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
2. 5122131010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (859kB) | Preview
3. 5122131010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
4. 5122131010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. 5122131010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
6. 5122131010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
7. 5122131010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
8. 5122131010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9. 5122131010 BAB I.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
13. 5122131010 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
14. 5122131010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran yang dilakukan di sekolah adalah pembelajaran konvensional yang pada dasarnya menimbulkan kebosanan bagi siswa secara umum. Siswa perlu dilibatkan secara aktif dalam proses belajar mengajar untuk mengasah kemampuan belajar serta melatih rasa tanggung jawab dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar dasar dan pengukuran listrik siswa kelas X TITL SMK N 1 Percut Sei Tuanl.
Penelitian ini dilakukan di SMK N 1 Percut Sei Tuan pada tahun ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TITL SMK N 1 Percut Sei Tuan. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling, yaitu kelas eksperimen yang diajari dengan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) adalah kelas X TITL 1 dan kelas X TITL 2 menjadi kelas kontrol (kelas yang diajari dengan metode pembelajaran konvensional).
Hasil analisis data yang diperoleh dari hasil belajar dasar dan pengukuran listrik Skor rata-rata post test siswa pada kelas eksperimen sebesar 20,84 dan kelas kontrol sebesar 18,34. Untuk uji normalitas dengan taraf signifikan 0,05 pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung sebesar 0,0842 dan Ltabel sebesar 0,1566 karena Lhitung < Ltabel atau 0,0842 < 0,1566 maka sampel pada kelas eksperimen pada kategori normal, uji normalitas pada kelas kontrol diperoleh Lhitung sebesar 0,1079 dan Ltabel = 0,1566 karena Lhitung < Ltabel atau 0,1079 < 0,1566, maka sampel pada kelas kontrol dikategorikan Normal. Uji homogenitas diperoleh Fhitung sebesar 1,49 dan Ftabel sebesar 1,82 karena Fhitung < Ftabel maka seluruh varian homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 menunjukkan thitung = 2,6081 dan ttabel = 1,669. Nilai thitung > ttabel berarti hipotesis diterima dan disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran numbered heads together lebih tinggi dari hasil belajar yang diajar dengan metode konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ELK 060 |
Keywords: | Model Pembelajaran Numbered Heads Together, Hasil Belajar dasar dan Pengukuran Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK301 Electric meters |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Dec 2017 15:01 |
Last Modified: | 29 Dec 2017 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28033 |