Tumanggor, Benny Santho Yosep (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK KELAS XI JURUSAN TIPTL DI SMK NEGERI 1 PEWRCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5133331002 COVER.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
02. NIM. 5133331002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (647kB) | Preview
03. NIM. 5133331002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
04. NIM. 5133331002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
05. NIM. 5133331002TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
06. NIM. 5133331002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
07. NIM. 5133331002 TABLES.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
08. NIM. 5133331002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
09. NIM. 5133331002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
13. NIM. 5133331002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
14. NIM. 5133331002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan contoh dan menghasilkan aplikasi multimedia maksunya memberi contoh ini kepada guru atau tenaga pendidik lain dalam pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar, sehingga tergerak untuk menciptakan media yang sejenis, dan untuk menghasilkan produk aplikasi multimedia ini dapat digunakan untuk proses belajar megajar untuk sub memasang instalasi lampu penerangan pada bangunan gedung kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Penelitian ini sering juga disebut penelitian R dan D, maksudnya adalah penelitian dan membangun sebuah produk, tahapan ini di mulai dari melihat permasalahan yang dapat di atasi dengan aplikasi multimedia, setelah masalah ditemukan maka dikumpulkan data – data yang dibutuhkan untuk membagun media, tahapan selanjutnyan desain produk multimedia pada tahapan desain ini di gunakan model ADDIE, setelah desain terbentuk maka aplikasi multimedia ini divalidasi dari ahli media dan ahli materi, setelah dinyatakan layak maka dilakukan uji coba skala kecil dan direvisi awal setelah diperbaiki di lakukan kembali uji coba skala besar dan di hitung jika masih diperlukan revisi maka dilakukan revisi kembali, jika tidak ada revisi maka aplikasi multimedia interaktif ini dapat diproduksi atau dipublikasikan.
Hasil penelitian ini di validasi oleh 4 orang ahli atau dikatakan tahapan alpha testing, untuk mengumpulkan skor dari ahli media dan ahli materi digunakan angket yang telah valid, untuk skor yang diberikan oleh ahli media pertama 4,81 (sangat baik) dan ahli media memberikan skor 4,38 maka didapat skor validasi dari ahli media sebesar 4,59 (sangat baik). Dan untuk ahli materi 1 memberikan skor 4,31 (sangat baik) dan skor dari ahli materi 2 memberikan skor 4,58 (sangat baik) maka hasil validasi dari ahli matei 4,44 atau sangat baik. Untuk tahapan betha testing dibagi kedalam 2 tahapan uji coba, tahapan skala kecil di peroleh validasi sebesar 4,43 dan tahapan skala besar diperoleh skor 4,52 maka validasi dari betha testing sebesar 4,59 atau sangat baik, dari tahapan alpha testing dan betha testing multimedia ini dinyatakan sangat baik dan sangat layak untuk digunkan untuk mata pelajaran IPL di kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ELK 054 |
Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Lectora Inspire, Instalasi Penerangan Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics > TK8300 Photoelectronic devices (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Dec 2017 14:59 |
Last Modified: | 29 Dec 2017 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28027 |