Riyadi (2010) HUBUNGAN KOMITMEN GURU DAN PERSEPSI GURU TENTANG GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU IPA PADA SMP NEGERI SE-KABUPATEN BATUBARA. Masters thesis, UNIMED.
071188130046 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
071188130046 Abstrak.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
071188130046 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
071188130046 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
071188130046 Bab V.pdf - Published Version
Download (757kB) | Preview
071188130046 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) hubungan komitmen guru dengan kinerja guru, (2) hubungan persepsi guru tentang gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru, (3) hubungan komitmen guru dan persepsi guru tentang gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah secara bersama-sama dengan kinerja guru.Populasi penelitian adalah guru IPA SMP Negeri yang tersebar di Kabupaten Batu Bara yang berasal dari 24 sekolah yang berjumlah 80 orang. Untuk ini yang menjadi sampel penelitian diambil dengan cara random sampling. Adapun jumlah sampel adalah 65 orang. Sebelum penelitian dilakukan terlebih dahulu instrumen diujicobakan kepada responden yang bukan sampel penelitian, yakni guru-guru IPA SMP Negeri yang berada di Kabupaten Batu Bara sebanyak 15 orang.Metode penelitian dilakukan dengan jenis penelitian korelasional. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan antara komitmen guru dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi 0,38 dengan persamaan regressi Y= 68,9 + 0,407X1, (2) persepsi guru tentang gaya kepemimpinantransformasional kepala sekolah dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi 0,46 dengan persamaan regressi Y = 64,74 + 0,45X2, (3) terdapat hubungan antara komitmen guru dan persepsi guru tentang gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah secara bersama-sama dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi 0,526 dengan persamaan regressi Y = 44,36 + 0,31X1 + 0,35X2.Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen guru dan persepsi guru tentang gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah mempunyai hubungan yang signifikan dengan kinerja guru. Dengan demikian kepala sekolah perlu memperhatikan hal-hal yang dapat meningkatkan komitmen guru dan persepsi guru tentang gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.236 068 Riy h |
Keywords: | Kepemimpinan; Sekolah; Komitmen; Kepala sekolah; Transformasional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 15 Jun 2016 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2799 |