Sitorus, Theresia Sari Dewi (2017) PENGARUH PERHATIAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KARAKTER SISWA SMK INDONESIA MEMBANGUN 2 YAPIM MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133341012 COVER.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
2. NIM 7133341012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4. NIM 7133341012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
3. NIM 7133341012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. NIM 7133341012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
6. NIM 7133341012 TABLES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7. NIM 7133341012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM 7133341012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
12. NIM 7133341012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
13. NIM 7133341012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah perhatian keluarga dan
lingkungan sekolah memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap
karakter siswa SMK Indonesia Membangun 2 YAPIM T.P 2017/2018. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Perhatian Keluarga dan Lingkungan Sekolah
Terhadap Karakter Siswa SMK Indonesia Membangun 2 YAPIM.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Membangun 2 YAPIM Medan yang
beralamat Jalan Air Bersih No. 59. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi
dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Indonesia Membangun 2
YAPIM Medan Tahun Ajaran 2017/2018 dimana terdiri dari 2 kelas yang berjumlah
57 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah dengan Total Sampling, yaitu sebanyak
57 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket,
wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas untuk butir angket menggunakan product
moment dan uji reliabilitasnya menggunakan rumus cronbach alpha. Uji asumsi
klasik yang digunakan adalah uji normalitas dan uji lineritas. Teknik analasis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan untuk menguji
hipotesis digunakan rumus uji t dan uji F dan Koefisien Determinasi. Berdasarkan uji
hipotesis secara parsial (uji-t) diperoleh hasil bahwa variabel perhatian keluarga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap karakter siswa yang ditunjukkan nilai
thitung> ttabel (4.392 > 1.673) dan variabel lingkungan sekolah berpengaruh positif dan
signifikan terhadap karakter siswa yang ditunjukkan dari nilai thitung > ttabel (7.268 >
1.673) . Sedangkan dengan uji hipotesis secara simultan (uji-f) diperoleh hasil bahwa
perhatian keluarga dan lingkungan sekolah secara bersama-sama berpengaruh positif
dan signifikan terhadap karakter siswa yang ditunjukkan nilai Fhitung> Ftabel (175,248 >
3,10). Berdasarkan uji koefisien determinasi, diperoleh nilai R2 sebesar 0.867 yang
artinya perhatian keluarga dan lingkungan sekolah sebesar 86,7% dapat menjelaskan
karakter siswa dan dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas
dalam penelitian ini.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan
signifikan antara perhatian keluarga dan lingkungan sekolah terhadap karakter siswa
SMK Indonesia Membangun 2 YAPIM T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 090 |
Keywords: | Perhatian Keluarga, Lingtkungan Sekolah, Karakter Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Dec 2017 14:13 |
Last Modified: | 21 Dec 2017 04:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27954 |