Ginting, Imelda (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR PRINSIP-PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK BM YPN MARISI MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 7131141046 COVER.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
2. 7131141046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
3. 7131141046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
4. 7131141046 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
5. 7131141046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
6. 7131141046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
7. 7131141046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
8. 7131141046 BAB I.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
12. 7131141046 BAB V.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
13. 7131141046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah“rendahnya hasil belajar siswa
dalam mata pelajaran prinsip-prinsip penyelengaaraan administrasi perkantoran
kelas X SMK BM YPN Marisi Medan”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar
dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay dan Examples
non Examples. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Administrasi
Perkantoran SMK BM YPN Marisi Medan yang berjumlah 70 siswa.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total Sampling yaitu teknik
pengambilan sampel diambil seluruh dari populasi dimana kelas X AP 1 sebagai
kelas eksperimen 1 dan kelas X AP 2 sebagai kelas eksperimen 2. Sampel
penelitian kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 masing-masing berjumlah
35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah
tes objektif dalam bentuk pilihan ganda 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji
validitas, reabilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda. Teknik analisis data
yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan
menggunakan rumus “uji t”. Kelas eksperimen 1 diberikan perlakuan dengan
model pembelajaran course review horay dan kelas eksperimen 2 dengan model
pembelajaran examples non examples.
Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen 1 rata-rata pre-test sebesar
46,57 dan nilai rata-rata post-test adalah 79,14 sedangkan nilai rata-rata pre-test
untuk kelas eksperimen 2 adalah 41,43 dan nilai rata-rata post-test adalah 74.
Persentase peningkatan hasi belajar siswa pada kelas eksperimen 1 sebesar
41,15% dan pada kelas eksperimen 2 sebesar 44,01%. Hasil uji t diperoleh thitung
2,649 dan ttabel 1,672, maka thitung>ttabel,berarti hipotesis diterima.
Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Course
Review Horay dan Examples non Examples terhadap hasil belajar prinsip-prinsip
penyelenggaraan administrasi perkantoran kelas X SMK BM YPN Marisi Medan
T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 088 |
Keywords: | HASIL BELAJAR; MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY; MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Dec 2017 14:11 |
Last Modified: | 21 Dec 2017 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27949 |