Elmanita (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN SISWA KELAS X SMK TAMANSISWA MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7131141032 COVER.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
2. NIM. 7131141032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
4. NIM. 7131141032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
3. NIM. 7131141032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
5. NIM. 7131141032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
6. NIM. 7131141032 TABLES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM. 7131141032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
8. NIM. 7131141032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
9. NIM. 7131141032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
13. NIM. 7131141032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
14. NIM. 7131141032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Picture and Picture dan Snowball Throwing. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Tamansiswa Medan yang terdiri dari 3 kelas.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dengan mengambil 2 kelas populasi yaitu kelas X Adm Perkantoran 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan X Adm Perkantoran 2 sebagai kelas eksperimen II. Sampel penelitian kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen II masing –masing berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal.
Kelas eksperimen I diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Picture And Picture serta kelas eksperimen II dengan model pembelajaran Snowball Throwing. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen I rata –rata pre test sebesar 41,6667 dan nilai rata –rata post test sebesar 78,5, sedangkan nilai rata –rata pre test kelas eksperimen II adalah 39 dan nilai rata –rata post test sebesar 67,5. Nilai rata –rata gain kelas eksperimen I diperoleh 0,6291 dan nilai rata –rata gain untuk kelas eksperimen II adalah 0,4555. Persentase peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I adalah 62,91% dan pada kels eksperimen II 45,55%. Hasil uji t diperoleh thitung 4,5590 dan ttabel 1,661, sehingga hipotesis yang berbunyi ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran kooperatif Picture and Picture dan Snowball Throwing terhadap hasil belajar pada mata pelajaran kearsipan siswa kelas X SMK Tamansiswa Medan T.A 2017/2018 diterima.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kearsipan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Snowball Throwing
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 085 |
Keywords: | HASIL BELAJAR, PICTURE AND PICTURE, SNOWBALL THROWING |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5520 Office equipment and supplies L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Dec 2017 14:10 |
Last Modified: | 21 Dec 2017 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27947 |