Gurusinga, Jelita Nurani (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN TEAM GAMES TOURNAMENTS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SMK SWASTA BERSAMA BERASTAGI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7132141021 COVER.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
2. NIM. 7132141021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM. 7132141021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
3. NIM. 7132141021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
5. NIM. 7132141021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
6. NIM. 7132141021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
7. NIM. 7132141021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
8. NIM. 7132141021 BAB I.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
12. NIM. 7132141021 BAB V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
13. NIM. 7132141021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
kewiraausahaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penggunaan model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran
Teams Games Tournament terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
kewirausahaan SMK Swasta Bersama Berastagi Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Bersama Berastagi, yang
beralamat di Jalan Jamin Ginting No.1 Simp.Ujung Aji Berastagi. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Swasta
Bersama Berastagi yang terdiri 2 kelas. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah total sampling yang terdiri dari kelas Eksperimen 1 (XI Adm.1)
dan kelas Eksperimen 2 (XI.Adm 2) yang masing-masing berjumlah 33 orang.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil
belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal. Dimana sebelumnya
tes ini telah diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas,
reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu menentukan nilai rata-rata, simpangan baku, dan varians, uji
normalitas, uji homogenitas data dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji
t pada taraf α = 0,05.
Dari hasil analisis data tes hasil belajar siswa menunjukkan bahwa ratarata
nilai postest siswa kelas Eksperimen 1 sebesar 81,21 dengan standar deviasi
10,175 sedangkan nilai rata-rata untuk kelas Eksperimen 2 sebesar 75,30 dengan
standar deviasi sebesar 13,040. Setelah dilakukan uji-t diperoleh bahwa t =
2,351 dan t = 1,685 pada taraf nyata α = 0,05, setelah membandingkan
dengan kriteria pengujian hipotesis maka diperoleh t > t yaitu 2,351
>1,685 yang berarti hipotesis diterima.
Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model
pembelajaran Problem Solving dan Teams Games Tournament terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan XI SMK Swasta Bersama
Berastagi Tahun Pembelajaran 2016/2017. Hasil belajar kelas eksperimen 1 yang
diberi perlakuan dengan model Problem Solving lebih tinggi dibandingkan hasil
belajar kelajar eksperimen 2 yang diberi perlakuan dengan model Teams Games
Tournament.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 082 |
Keywords: | PROBLEM SOLVING, TEAM GAMES TOURNAMENTS,HASIL BELAJAR |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Dec 2017 14:09 |
Last Modified: | 21 Dec 2017 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27944 |