Maulita, Elva (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI BAHASA INDONESIA DI KELAS X SMK NEGERI 6 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133341020 COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. NIM 7133341020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (724kB) | Preview
4. NIM 7133341020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
3. NIM 7133341020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
5. NIM 7133341020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
6. NIM 7133341020 TABLES.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
7. NIM 7133341020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
8. NIM 7133341020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
9. NIM 7133341020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
13. NIM 7133341020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
14. NIM 7133341020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar korespondensi bahasa indonesia siswa kelas X SMK Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar korespondensi bahasa indonesia yang diajarkan dengan model pembelajaran learning cycle lebih besar dibanding hasil belajar korespondensi bahasa indonesia siswa kelas X SMK Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMK Negeri 6 Medan yang beralamat di Jl. Jambi No.23 Medan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Samplingyang terdiri dari kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban. dimana sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya, maka tes ini di uji cobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas dan uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t pada taraf α = 0,05.
Hasil analisa setelah diberikan perlakuan dengan masing-masing model pembelajran menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 1sebesar 75,83 dengan standar deviasi 9,92 dan varians 98,42. Sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 70,83 dengan standar deviasi 9,92 dan varians 98,42. Pengujian hipotesis dari hasil diperoleh = 2,101dan = 1,671. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan > yaitu (2,101 < 1,671). Melalui kriteria pengujian hipotesi dapat ditentukan bahwa jika > maka hipotesis diterima.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Korespondensi Bahasa Indonesia yang diajarkan dengan model pembelajaran learning cycle lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar Korespondensi Bahasa Indonesia yang diajar dengan model pembelajaran example non examplepada siswa kelas X SMK negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 079 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DAN EXAMPLE NON EXAMPLE, HASIL BELAJAR KORESPONDENSI |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Dec 2017 14:08 |
Last Modified: | 21 Dec 2017 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27943 |