PENGARUH MODEL PEMEBLAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 6 MEDAN T.A 2016/2017

Mailani (2017) PENGARUH MODEL PEMEBLAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 6 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.  NIM 7133341029 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7133341029 COVER.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7133341029 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7133341029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7133341029 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7133341029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7133341029 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7133341029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7133341029 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7133341029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7133341029 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7133341029 TABLES.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7133341029 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7133341029 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7133341029 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7133341029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 7133341029 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 7133341029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7133341029 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7133341029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Team
Achievement Division dan Numbered Head Together terhadap hasil belajar
kewirausahaan siswa kelas X SMK Negeri 6 Medan T.A. 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu dengan melibatkan
dua kelas penelitian dan memberikan perlakuan yang berbeda pada masingmasing
kelas penelitian tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X AP SMK Negeri 6 Medan yang berjumlah 60 orang. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling dimana
sampelnya terdiri dua kelas, yaitu kelas eksperimin 1 (X AP-1) dan kelas
eksperimen 2 (X AP-2) yang masing-masing kelas terdiri dari 30 orang .
Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen berbentuk pilihan
berganda yang berjumlah 17 soal dengan 5 pilihan jawaban.
Setelah diberikan perlakuan berbeda kemudian dilakukan analisis
menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 1 72,5 dengan standar
deviasi 6,64 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 80,5 dengan standar deviasi
8,64. Untuk mengetahui normalitas data hasil belajar menggunakan uji F.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak. Dari
perhitungan hipotesis yang diperoleh thitung = 16,28 dan ttabel = 1,671. Hasil
perhitungan hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 16,28 > 1,671 maka
hipotesis diterima.
Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang
positif dan signifikan model pembelajaran Student Teams Achievement Division
dan Numbered Head Together terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X
SMK Negeri 6 Medan T.A. 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 ADP 080
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Dec 2017 14:08
Last Modified: 21 Dec 2017 04:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27942

Actions (login required)

View Item
View Item