Sigalingging, Amanton Ria (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF QUESTION STUDENT HAVE DAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AP PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI BAHASA INDONESIA DI SMK N 1 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7132141005 COVER.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
2. NIM. 7132141005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
3. NIM. 7132141005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4. NIM. 7132141005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. NIM. 7132141005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM. 7132141005 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
7. NIM. 7132141005 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
8. NIM. 7132141005 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM. 7132141005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
13. NIM. 7132141005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
14. NIM. 7132141005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya hasil belajar siswa
dalam mata pelajaran korespondensi bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model
pembelajaran Question Student Have dengan jigsaw. Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X
Administrasi Perkantoran SMK N 1 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan
sampel dilakukan dengan tehnik random Sampling dengan mengambil sampel
secara acak yaitu kelas X AP 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan X AP4 sebagai
kelas eksperimen 2.
Sampel penelitian kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 masingmasing
berjumlah 38 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil
belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal.
Kelas eksperimen 1 diberikan perlakuan dengan model pembelajaran question
student have kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran jigsaw.
Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen 1 rata-rata pre-test sebesar
43,02 dan nilai rata-rata post-test adalah 78,42 sedangkan nilai rata-rata pre-test
untuk kelas eksperimen 2 adalah 44,34 dan nilai rata-rata post-test adalah 75,39.
Persentase peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 sebesar
61,96% dan pada kelas eksperimen 2 sebesar 45,14%.
Hasil uji t pihak kanan diperoleh thitung 1,460 dan ttabel 1,666, sehingga
hipotesis yang berbunyi ada perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model
pembelajaran question student have dan model pembelajaran jigsaw pada mata
pelajaran korespondensi kelas X-AP SMK N 1 Medan. Berdasarkan hasil
penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar korespondensi
siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw lebih
tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran
question student have.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 073 |
Keywords: | HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE DAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW |
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > CD Diplomatics. Archives. Seals > CD921 Archives L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Dec 2017 14:05 |
Last Modified: | 21 Dec 2017 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27935 |