PENGARUH MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI SMA AL-MANAR MEDAN

Iqbal, Muhammad (2017) PENGARUH MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI SMA AL-MANAR MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3123321033  COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3123321033 COVER.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3123321033  APPROVAIL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3123321033 APPROVAIL SHEET.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3123321033  ABSTRAC.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3123321033 ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3123321033  PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3123321033 PREFACE.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3123321033  TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3123321033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3123321033  ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3123321033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 3123321033  TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 3123321033 TABLES.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 3123321033  CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 3123321033 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 3123321033  CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 3123321033 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 3123321033  BIBLOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 3123321033 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam menggunakan media pembelajaran peta pada siswa kelas X SMA Al-Manar Medan Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017.
Dalam penelitian ini menggunakan bentuk metode expo facto yang dilakukan di kelas X dengan jumlah sebanyak 34 peserta didik. Dalam pelaksanaannya menerapkan media peta dalam proses pembelajaran sejarah. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap I merupakan pretest dan postest sebelum dengan menggunakan media peta sedangkan tahap II merupakan pretest dan postest dengan menggunakan media peta.
Dengan menggunakan Media Visual khususnya Media Peta, Hasil belajar siswa dari tahap I ke tahap berikutnya mengalami peningkatan. Hasil pretest siswa dengan menggunakan Media Konvensional pada pertemuan I menunjukkan 2 orang tuntas secara individu dari 34 orang siswa hanya mencapai 5,8%. Pertemuan postest I yang mendapat nilai tuntas 8 orang dengan persentase ketuntasan 23,5%, sedangkan hasil pretest pada petemuan ke II yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 2 orang dengan persentase ketuntasan 11,7%. Hasil postetst pada pertemuan ke II mengalami hasil yang signifikan, Hal ini menunjukkan bahwa menggunakan Media Visual khususnya Peta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Al-Manar Medan.
Dengan demikian, dalam kajian ini penulis menggunakan Media Peta dalam pembelajaran sejarah dengan materi pokok kehidupan masyarakat pada masa pra aksara di Indonesia di kelas X SMA Al-Manar Medan telah berhasil mencapai tujuan dalam kajian ini. Dalam hasil belajar tersebut siswa mengalami peningkatan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan Media Peta.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 SJRH 119
Keywords: MEDIA VISUAL PETA, HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN SEJARAH
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Dec 2017 12:38
Last Modified: 20 Dec 2017 06:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27915

Actions (login required)

View Item
View Item