Tambubolon, D. Lusyana (2017) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI 1 DELITUA T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3133321031 COVER.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
2. NIM. 3133321031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
3. NIM. 3133321031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4. NIM. 3133321031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
5. NIM. 3133321031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 3133321031 TABLES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. NIM. 3133321031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM. 3133321031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
12. NIM. 3133321031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
13. NIM. 3133321031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Delitua T.A. 2017/2018.” Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan menggunakan beberapa pendekatan teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan angket. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 dan VII-3 SMP Negeri 1 Delitua yang berjumlah 64 siswa. Berdasarkan observasi awal yang peneliti lakukan di SMP Negeri 1 Delitua menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa masih rendah, hal ini terlihat pada saat proses pembelajaran berlangsung sebagian besar siswa hanya mengandalkan pembelajaran yang disampaikan oleh setiap guru yang mengajar didalam kelas sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 1 Delitua T.A. 2017/2018 yang ditunjukkan dengan nilai rhitung lebih besar dari rtabel (rhitung >rtabel) atau 0,550 > 0,244 pada taraf signifikan 5%. (2) Terdapat pengaruh antara variabel Kemandirian Belajar (x) terhadap variabel Hasil Belajar Siswa (y) yang diperoleh dari perhitungan nilai korelasi 0,550 yang memiliki interpretasi nilai korelasi pada tingkat hubungan yang sedang. (3) Keberartian hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan uji “t” dan diperoleh harga thitung adalah sebesar 5,18 dan harga ttabel 2,00 karena thitung>ttabel pada taraf signifikan 5% maka hipotesis Ha dapat diterima, dan hipotesis Ho ditolak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 SJRH 118 |
Keywords: | KEMANDIRIAN BELAJAR, HASIL BELAJAR SISWA, MATA PELAJARAN IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Dec 2017 12:36 |
Last Modified: | 17 Apr 2018 08:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27912 |