tria mawarni, Wanda (2017) PENGARUH MODEL GENERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGRI 12 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 20017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133342002_COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2. NIM. 7133342002_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
4. NIM. 7133342002_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
3. NIM. 7133342002_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
5. NIM. 7133342002_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
6. NIM. 7133342002_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7. NIM. 7133342002_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
8. NIM. 7133342002_BAB I.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
12. NIM. 7133342002_BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
13. NIM. 7133342002_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
dalam mata pelajaran akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 12 Medan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar
dengan menggunakan model Generative Learning lebih tinggi dibanding hasil
belajar akuntansi yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran
konvensional pada jurnal khusus pada siswa kelas XII SMA Negeri 12 Medan
Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Medan yang beralamat di
jalan Cempaka Raya No.75, Medan Helvetia.. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XII IPS yaitu sebanyak 93 orang, dan pengambilan
sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik random
sampling. Sampel dalam penelitian ini yang terdiri dari 2 kelas , kelas XII IPS 1
yang berjumlah 30 orang dan kelas XII IPS 2 yang berjumlah 30 orang. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tes yang diberikan dalam bentuk
pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang dikutip dari buku panduan kelas
XII yang dianggap sudah valid dan reliabel, maka tidak perlu diuji cobakan.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menghitung nilai rata-rata dan
standard deviasi, uji normalitas ,uji homogenitas dan menghitung uji hipotesis
dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung> ttabel pada α = 0,05, maka
hipotesis tidak dapat ditolak.
Dari hasil analisis data dan perhitungan pada kelas kontrol diperoleh nilai
rata-rata pretest yaitu sebesar 45,66 dengan standar deviasi 9,25 dan nilai rata-rata
posttest yaitu sebesar 77 dengan standar deviasi 8,96. Dan pada kelas eksperimen
diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 49 dengan standar deviasi 9,86 dan
nilai rata-rata posttest yaitu sebesar 81,83 dengan standar deviasi 8,03. Pengujian
hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, dengan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 172 |
Keywords: | hasil belajar akuntansi, generative learning metode konvensional |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Dec 2017 12:26 |
Last Modified: | 19 Dec 2017 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27886 |