PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK PROGRAM PAKET B

Yani, Ivo (2010) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK PROGRAM PAKET B. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 055020378 kata pengantar.pdf]
Preview
Text
055020378 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 055020378 abstrak.pdf]
Preview
Text
055020378 abstrak.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[thumbnail of 055020378 bab I.pdf]
Preview
Text
055020378 bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 055020378 bab V.pdf]
Preview
Text
055020378 bab V.pdf - Published Version

Download (907kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: (I) basil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual lebih tinggi daripada yang menggunakan pendekatan keterampilan proses, (2) hasil belajar matematika peserta didik yang memiliki kemarnpuan berpikir kreatif tinggi lebih tinggi daripada yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah, dan (3) terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam mempengaruhi hasil belajar matematika.Penelitian ini dilaksanakan di Paket B Kreatif Medan pada semester kedua tahun pelajaran 2008/2009 terhadap peserta didik kelas VIII, dan subjek penelitian berjumlah 80 orang yang terdiri dari 2 kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2x2. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data hasil belajar adalah tes berbentuk pilihan ganda yang berisi 40 soal dengan reliabilitas 0,93. Untuk mengumpulkan data kemampuan berpikir kreatif peserta didik digunakan tes uraian yang berjurnlah I0 soal. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Uji normalitas menggunakan uji Liliefors sedangkan untuk menguji homogenitas digunakan uji Bartlett. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ANAVA dua jalan dengan a = 0,05 dan uji lanjut menggunakan uji Scheffe.Hasil penelitian menunjukkan: (1) rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual lebih tinggi dari yang diajar dengan pendekatan keterampilan proses (Fhitung — 4,07 > Ftabel = 3,96), (2) rata-rata hash] belajar matematika peserta didik yang mernilild kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih tinggi daripada yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah (Fhitung = 174,88 > Ftabel = 3,96), dan (3) terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif dalam mempengaruhi hasil belajar matematika peserta didik (Fhitung = 5,42 > Ftabel = 3,96).Dari hasil uji perbandingan ganda dengan menggunakan uji Scheffe ditemukan bahwa peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi yang diajar dengan pendekatan kontekstual memperoleh hasil belajar Iebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang diajar dengan pendekatan keterampilan proses. Sedangkan peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah memptutyai basil belajar matematika lebih tinggi jika diajar dengan pendekatan keterampilan proses. Diharapkan kepada pare pendidik matematika untuk meningkatkan kemampuan mengelola dan mereneanalcan pembelajaran agar hash! belajar yang dicapai peserta didik meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.3 Yan p
Keywords: Belajar;Matematika;Kontekstual;Berpikir;Pembelajaran;Kreativitas;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 26 Apr 2016 08:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2780

Actions (login required)

View Item
View Item