Ramadhani, Ulfa Dwi (2017) PEMBELAJARAN TRUMPET PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MARCHING BAND DI PERGURUAN ISLAM CERDAS MURNI TEMBUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 2132140017 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM 2132140017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
3. NIM2132140017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4. NIM 2132140017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
5. NIM 2132140017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
6. NIM 2132140017 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7. NIM 2132140017 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
8. NIM 2132140017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
12. NIM 2132140017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
13. NIM 2132140017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran trumpet pada
kegiatan ekstrakurikuler Marching Band di Perguruan Islam Cerdas Murni
Tembung, untuk mengetahui metode apa saja yang digunakan dalam
pembelajaran trumpet, untuk mengetahui materi pembelajaran trumpet , dan untuk
mengetahui kendala dalam pembelajaran trumpet pada kegiatan ekstrakurikuler
Marching Band di Perguruan Islam Cerdas Murni.
Penelitian ini berdasarkan landasan teoritis yang menjelaskan teori pembelajaran,
teori metode pembelajaran, teori materi pembelajaran, teori marching band, dan
teori trumpet.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sampel dalam
penelitian ini terdiri dari dua orang pelatih. Seluruh siswa yang memegang
instrument trumpet berjumlah 8 orang. pengumpulan data dilakukan dengan
metode observasi atau pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka.
Setelah keseluruhan data terkumpul, kemudian dianalisis untuk menjawab seluruh
pertanyaan penulis. Pembelajaran dilakukan setiap hari kamis dan pembelajaran
berlangsung melalui tahapan-tahapan sebagai berikut: tahap persiapan, tahapa
pemanasan dan tahap membahas materi lagu. Selama proses pembelajaran
berlangsung pelatih menggunakan beberapa metode dalam mengajar yaitu metode
ceramah, metode demonstrasi, metode latihan /drill dan metode diskusi. Materi
atau bahan ajar yang digunakan merupakan lagu- lagu wajib. Dan ada pun
beberapa kendala yang dihadapi baik bagi pelatih maupun bagi siswa yaitu adanya
perbedaan tingkat kemampuan antar siswa, saat proses pembelajaran berlangsung
ada beberapa siswa yang kurang fokus, sebagian siswa belum tepat meniup
beberapa nada sehingga intonasi yang dihasilkan kurang jelas dan pelatih harus
mencontohkan kembali nada yang dimaksud, dan ketika latihan ada siswa yang
tidak hadir sehingga pembelajaran sulit untuk berkembang cepat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MSK 031 |
Keywords: | Pembelajaran, Trumpet, Marching Band |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music > M1200 Band |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 16:00 |
Last Modified: | 14 Dec 2017 05:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27792 |