Lestari, Vina Ayu (2017) PENGARUH METODE COORPERATIVE LEARNING JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MENARI SISWA DI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI SMA SULTAN AGUNG PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2133140038 COVER.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
2. NIM. 2133140038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
3. NIM. 2133140038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
4. NIM. 2133140038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
5. NIM. 2133140038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
6. NIM. 2133140038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
7. NIM. 2133140038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
8. NIM. 2133140038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
9. NIM. 2133140038 BAB I.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
13. NIM. 2133140038 BAB V.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
14. NIM. 2133140038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas tentang model pembelajaran Coorperative Learning
Jigsaw dikegiatan ekstrakurikuler seni tari. Bertujuan untuk mendeskripsikan
Adanya Pengaruh Model Pembelajaran Coorperative Learning Jigsaw Terhadap
Kemampuan Menari Siswa Di Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari SMA Sultan
Agung.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran
Coorperative Learning Jigsaw yang mengatakan dalam pembelajaran ini harus
diterapkan lima unsur agar dalam pembelajaran saling ketergantungan positif,
saling tanggung jawab pada diri masing-masing, lalu diberikan kesempatan
bertatap muka dan saling berdiskusi dengan teman sekelompoknya,
berkomunikasi dengan baik dengan kelompok, dan guru mengevaluasi hasil kerja
kelompok.
Waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah selama tiga bulan, yaitu di
mulai bulan Agustus sampai Oktober. Lokasi penelitian dilakukan di SMA Sultan
Agung Pematangsiantar. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah SMA Sultan
Agung dan Guru Ekstrakurikuler Seni Tari dan sampelnya adalah 30 siswa yang
mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di SMA Sultan Agung
Pematangsiantar. Analisis penelitian data yang digunakan adalah dekriptif
kuantitatif yang menggunakan skala likert, tenik pengumpulan data dilakukan
dengan observasi, kuesioner (angket), studi pustaka, dan dokumentasi.
Hasil penelitian berdasarkan data yang dikumpul, dapat diketahui bahwa kegiatan
ekstrakurikuler seni tari sangat berpengaruh terhadap model pembelajaran
Coorperative Learning Jigsaw terhadap kemampuan menari siswa. Dari hasil
kuesioner (angket) menunjukkan bahwa 91,95% siswa menyukai dengan model
pembelajaran Coorperative Learning Jigsaw yang diberikan oleh guru. Hasil dari
kemampuan menari siswa sebesar 78,59%. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran Coorperative Learning Jigsaw sangat berpengaruh
terhadap kemampuan menari siswa yang telah dilakukan dengan baik dengan
waktu yang efektif dan efesien selama empat minggu. Artinya memang kegiatan
ini sangat berpengaruh positif terhadap kemampuan menari dengan model
pembelajaran yang diberikan guru
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 TARI 024 |
Keywords: | Coorperative Learning Jigsaw ; Ekstrakurikuler Seni Tari |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > ML Literature on music M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 15:46 |
Last Modified: | 14 Dec 2017 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27774 |