Siregar, Intan Sari (2017) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SISTEM SARAF MANUSIA DI KELAS XI IPA MAN 4 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133341013 COVER .pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
2. NIM 4133341013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
3. NIM 4133341013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4. NIM 4133341013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM 4133341013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM 4133341013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM 4133341013 TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM 4133341013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. NIM 4133341013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. NIM 4133341013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
14. NIM 4133341013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa pada materi sistem saraf manusia di kelas XI IPA MAN 4 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Miskonsepsi siswa dianalisis berdasarkan indikator dan tingkat kognitif pada materi sistem saraf manusia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 4 Medan yang telah mempelajari materi sistem saraf manusia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan teknik purpossive sampling. Dari 4 kelas dengan jumlah total 160 diambil 2 kelas sampel yaitu XI IPA 2 dan XI IPA 3 dengan jumlah total sebanyak 80 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes diagnostik dua dimensi berupa soal pilihan berganda dengan alasan terbuka dan 5 kemungkinan jawaban yang diikuti dengan pertanyaaan konfirmasi tentang tingkat keyakinan atas jawaban yang dipilih setiap butir soal, serta alasan mereka terhadap jawaban yang dipilihnya. Skor tertinggi yang dicapai seorang siswa adalah +3 dan yang terendah adalah -1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase miskonsepsi siswa pada materi sistem saraf manusia di kelas XI IPA MAN 4 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 sebesar 49,54% dikategorikan miskonsepsi sedang. Miskonsepsi siswa berdasarkan indikator pada materi sistem saraf manusia yang paling banyak di kelas XI IPA MAN 4 Medan terdapat pada indikator 4 yaitu gangguan atau kelainan pada sistem saraf manusia , sedangkan miskonsepsi siswa berdasarkan tingkat kognitif pada materi sistem saraf yang paling banyak terdapat pada tingkat kognitif analisis (C4). Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi terhadap materi pelajaran sistem saraf manusia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 186 |
Keywords: | PELARAN BIOLOGI, SISTEM SARAF MANUSIA, MISKONSEPSI SISWA, TES DIAGNOSTIK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QL Zoology > QL799 Morphology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 10:57 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 08:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27718 |