Hariadi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTU ELECTRONICS WORKBENCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA TUNAS PELITA BINJAI T.P.2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4122121005 COVER.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
2. NIM 4122121005 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
3. NIM 4122121005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM 4122121005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
5. NIM 4122121005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
6. NIM 4122121005 TABLES.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
7. NIM 4122121005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
8. NIM 4122121005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
9. NIM 4122121005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
13. NIM 4122121005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
14. NIM 4122121005 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dan hasil belajar
siswa yang diajar dengan model pembelajaran Inquiry Training berbantu
electronics workbench dan pembelajaran konvensional pada materi listrik dinamis
di SMA Tunas Pelita Binjai T.P. 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian
adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Tunas Pelita Binjai yang terdiri
dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling
dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitu kelas X-2 sebagai kelas
eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 37
orang dan kelas kontrol berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan untuk
mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan
berganda dengan jumlah 20 soal yang telah divalidasi dan lembar obersvasi
aktivitas siswa diamati oleh 2 observer dan dianalisis secara deskriptif. Uji
hipotesis menggunkan uji t dengan α = 0,05.
Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu
nilai rata-rata pretes pada kelas eksperimen = 36,35 dengan standar deviasi = 7,96
dan pada kelas kontrol = 35,45 dengan standar deviasi = 8,51. Pada pengujian data
pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan
homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung< ttabel, maka Ho diterima artinya
kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Selama proses pembelajaran dari
pertemuan I sampai pertemuan III, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada kelas
eksperimen adalah 66,8% dengan kategori aktif sedangkan pada kelas
konvensional adalah 54,9% dengan kategori cukup aktif. Setelah pembelajaran
selesai, diperoleh nilai rata-rata postes untuk kelas eksperimen = 82,83 dengan
standar deviasi = 8,78 dan kelas kontrol = 71,66 dengan standar deviasi = 10,2.
Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 4,93 dan ttabel = 1,6687,
sehingga thitung > ttabel, maka Ha diterima yakni ada pengaruh penggunaan model
pembelajaran Inquiry Training berbantu electronics workbench terhadap hasil
belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X Semester II SMA
Tunas Pelita Binjai T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 206 |
Keywords: | Inquiry Training; Hasil Belajar; quasi eksperimen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 10:55 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27712 |