Aulia, Putri Rizki (2017) PERBEDAAN EFEKTIVITAS PEMBALAJARAN ANTARA YANG MENGGUNAKAN MEDIA REAL LAB DAN VIRTUAL LAB MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI TITRASI ASAM BASA DI SMA KELAS XI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131131035 COVER.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
2. NIM 4131131035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
3. NIM 4131131035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4. NIM 4131131035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
5. NIM 4131131035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM 4131131035 TABLES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM 4131131035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM 4131131035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
9. NIM 4131131035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
13. NIM 4131131035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM 4131131035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan keefektivitasan antara Real Lab dan Virtual dengan melihat hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran model problem based learning (PBL) menggunakan Real Lab atau pembelajaran model PBL menggunakan Virtual Lab. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3Medan yang mengambil jurusan IPA. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen I yang dibelajarkan dengan penerapan model PBLmenggunakan Real Lab dan satu kelas sebagai kelas eksperimen II yang dibelajarkan dengan penerapan PBL menggunakan Virtual Lab. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari instrumen tes yang disusun dalam bentuk tes objektif dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dianalisis dan dinyatakan memenuhi syarat uji validitas isi melalui validator ahli, tingkat kesukaran, daya pembeda, distraktor validasi butir dan reliabilitas, perhitungan rata-rata, varians, dan standard deviasi. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen I dan eksperimen II berdistribusi normal dan homogen. Untuk uji hipotesis mengenai hasil belajar dengan taraf 0,05 diperoleh data thitung > ttabel yakni2,25 > 2,00, yang berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu Ada perbedaan antara hasil belajar siswa pada materi pokok Titrasi Asam Basa dengan model PBL menggunakan media Real Lab dan model PBL menggunakan media Virtual Lab sehingga dapat dikatakan dari hasil temuan peneliti bahwasannya media real lab lebih efektif daripada media virtual lab
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 211 |
Keywords: | Efektivitas; Real Lab; Virtual Lab; Problem Based Learning; Titrasi Asam Basa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 10:54 |
Last Modified: | 22 Feb 2019 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27707 |