Rawa, Juhainah (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PEMBELAJARAN REALISTIK DIKELAS VII SMP NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4132111035 COVER.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
2. NIM.4132111035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
3. NIM. 4132111035 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4. NIM. 4132111035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
5. NIM. 4132111035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
6. NIM. 4132111035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
7. NIM. 4132111035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
8. NIM. 4132111035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
9. NIM. 4132111035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
10. NIM. 4132111035 BAB I.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
14. NIM. 4132111035 BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
15. NIM. 4132111035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada pendekatan pembelajaran realistik pada materi segiempat di kelas VII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Semester II SMP N 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas secara acak yaitu kelas eksperimen 1 yang berjumlah 32 orang dan kelas eksperimen 2 yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah tes kemampuan pemecahan masalah yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian yang diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen 1 dengan pendekatan pembelajaran kontekstual dan kelas eksperimen 2 dengan pendekatan realistik diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 80,93 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 74,45 . Hasil uji t pihak kanan dengan dk = 62 dan = 0,05, diperoleh thitung = 2,3303 dan ttabel = 1,6696 sehingga thitung > ttabel yaitu 2,3303 > 1,6696 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari pendekatan pembelajaran realistik pada segiempat di kelas VII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 146 |
Keywords: | PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN REALISTIK, PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 10:53 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 04:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27704 |