Lubis, Taghta Hidayatullah (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH DAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN KOLOID SISWA KELAS XI IPA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133331057 COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. NIM. 4133331057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
3. NIM. 4133331057 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
4. NIM. 4133331057 PREFACE.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
5. NIM. 4133331057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
6. NIM. 4133331057 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
7. NIM. 4133331057 TABLES.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
8. NIM. 4133331057 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
9. NIM. 4133331057 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
13. NIM. 4133331057 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM. 4133331057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media Macromedia Flash dibandingkan dengan peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media Powerpoint. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XIPA-2 dan sebagai kelas eksperimen I dan kelas X IPA-4 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, distraktor, serta reliabilitas. Harga
yang diperoleh sebesar 0,8348 dan harga rtabel = 0,308. reliabilitas tes secara keseluruhan dapat dikatakan reliabel dikarenakan rhitung> rtabel. Kelas eksperimen I diberikan perlakuan dengan menggunakan media Macromedia Flash dan kelas eksperimen II diberikan perlakuan menggunakan media Powerpoint. Setelah dilakukan pretest dan posttest dan pengolahan data maka diperoleh χ2Hitung Gain 4,625dan χ2tabel gain11,07 untuk kelas eksperimen I dan χ2Hitung Gain 5,650 dan χ2tabel Gain 11,07 untuk kelas eksperimen II. Karena χ2Hitung<χ2Tabel maka data berdistribusi normal. Pada uji homogenitas Fhitung menunjukkan angka yang lebih kecil dari pada Ftabel, yaitu 0,71 ˂ 1,98 karena harga Fhitung< Ftabel, maka di simpulkan bahwa data Gain dari kedua kelas tersebut adalah homogen. Gain hasil belajar di kelas eksperimen I 0,749 (74,9 %), gain hasil belajar di kelas eksperimen II 0,605 (60,5 %). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis peningkatan hasil belajar siswa diperoleh harga thitung > ttabel α yaitu 2,886 >1,689 dengan taraf signifikansi (α = 0,05) sehingga Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menggunakan model pembelajaran Bakulikan dengan menggunakan media Macromedia Flash lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Bakulikan menggunakan Powerpoint
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 248 |
Keywords: | Macromedia Flash; Powerpoint; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 10:48 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27695 |