Siregar, Paloma Fauziah (2017) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PSIKODRAMA TERHADAP PERILAKU KONFORMITAS PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 48 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 1132151007 COVER.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
02. NIM 1132151007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (670kB) | Preview
03. NIM 1132151007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
04. NIM 1132151007 ACNOWLEDGMENT.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
05. NIM 1132151007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
06. NIM 1132151007LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
07. NIM 1132151007 LIST OF PIGURE.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
08. NIM 1132151007 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
09. NIM 1132151007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
13. NIM 1132151007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
14. NIM 1132151007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama terhadap perilaku konformitas pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 48 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi experimental dan desain Pretest-postest one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A. Sampel ditarik dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak 10 orang yang berasal dari kelas VIII-A. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui tingginya perilaku konformitas siswa adalah dengan menggunakan angket sebanyak 29 butir item (valid) yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung = 20,5 dengan = 0,05, adapun J tabel = 8. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana 20,5 > 8 Artinya hipotesis diterima. Data pretest perilaku konformitas diperoleh skor rata-rata 89, sedangkan data postest perilaku konformitas diperoleh skor rata-rata sebesar 62,5. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama lebih rendah dari pada sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama. Layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama memberikan kontribusi sebesar 42% terhadap pengurangan perilaku konformitas siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 48 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 045 |
Keywords: | Bimbingan Kelompok, Teknik Psikodrama, Perilaku Konformitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Dec 2017 11:34 |
Last Modified: | 12 Dec 2017 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27679 |