Siallagan, Esdin (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE AND REVIEW (PQ4R) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 096780 GUNUNG MALIGAS T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1133111022 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
2. NIM. 11333111022 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
3. NIM 1133111022 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4. NIM 1133111022 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
5. NIM 1133111022 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
6. NIM 1133111022 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
7. NIM. 1133111022 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. NIM. 1133111022 LIST OF GRAPHICS.pdf.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9. NIM. 11333111022 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
13. NIM. 11333111022 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
14. NIM. 11333111022 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam Penelitian ini adalah Rendahnya Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelass IV. Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan Strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite And Review (PQ4R) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 096780 Gunung Maligas T.A 2016/2017.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Subjek penelitian adalah siswa/i Kelas IV SDN 096780 Gunung Maligas sebanyak 29 orang dengan jumlah 16 Orang laki – laki dan 13 orang perempuan. Objek penelitian ini adalah penggunaan Strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite And Review (PQ4R) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite And Review (PQ4R) adalah suatu Strategi pembelajaran yang membantu siswa mengingat dan memahami materi yang telah mereka baca. Motivasi merupakan dorongan atau keinginan dari internal dan eksternal seseorang untuk mencapai tujuan yang di inginkan.
Pada awal penelitian dilakukan penyebaran Angket pada kondisi awal dengan jumlah siswa 29 orang Diperoleh 1 orang Memiliki Motivasi Belajar Tinggi (3,44%), 11 Orang Motivasi Belajar sedang (37,93%), 17 Orang Motivasi Belajar Rendah (58,62%). Pada Siklus I Pertemuan 1 diperoleh 1 Orang Motivasi Tinggi (3,44%), 10 Orang Motivasi Belajar Sedang (34,48%), 18 Orang Motivasi Belajar Rendah (62,06%). Dan Pada Siklus I Pertemuan 2 Persentase Motivasi Belajar siswa semakin meningkat dan sesuai dengan Persentase yang ingin dicapai pada tingkat Motivasi Belajar siswa, Yaitu : 15 Orang Motivasi Belajar Tinggi (51,72%), 5 Orang Motivasi Belajar sedang (17,24%), 9 orang Motivasi Belajar Rendah (31,03%). Selanjutnya Pada Siklus II Pertemuan 1 diperoleh 16 Orang Motivasi Belajar Tinggi (55,17%), 12 Orang Motivasi Belajar Sedang (41,37%), 1 Orang Motivasi Belajar Rendah (3,44%). Dan Pada Siklus II Pertemuan 2 Persentase Belajar Siswa Diperoleh 23 Orang Motivasi Belajar Tinggi (79,31%), 5 Orang Motivasi Belajar Sedang (17,24%), 1 Orang Motivasi Belajar Rendah (3,44%).
Dari kegiatan pembelajaran dan analisis data penelitian yang diperoleh peneliti dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite And Review (PQ4R) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada Materi Pokok Teks Bacaan Di Kelas IV SDN 096780 Gunung Maligas T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 242 |
Keywords: | Motivasi Belajar, Strategi Pembelajaran PQ4R |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Dec 2017 11:26 |
Last Modified: | 12 Dec 2017 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27672 |