Siregar, Deni Perdana (2017) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN BEHAVIORAL TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS XI JURUSAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL) SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2016 - 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 1131151003 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
02. NIM. 1131151003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (844kB) | Preview
03. NIM 1131151003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
04. NIM 1131151003 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
05. NIM 1131151003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
06. NIM 1131151003 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
07. NIM 1131151003 LIST OF GRAPHIC.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
08. NIM 1131151003 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
09. NIM 1131151003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
13. NIM 1131151003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
14. NIM 1131151003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok pendekatan behavioral terhadap perilaku prososial siswa kelas XI jurusan rekayasa perangkat lunak (RPL) SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2016 - 2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli s/d September 2017. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan desain pretest - posttest one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI RPL 1 dan 2. Sampel ditarik adalah siswa yang memenuhi persyaratan penelitian yang memiliki masalah perilaku prososial sebanyak 10 orang yang teridentifikasi memiliki perilaku prososial rendah. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket perilaku prososial berjumlah 53 item pernyataan yang telah valid dan reliabel kemudian hasil data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung = 15 dengan = 0,05, adapun J tabel = 8. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana 15 > 8. Artinya hipotesis diterima. Data pre-test perilaku prososial diperoleh skor rata-rata 120,9, sedangkan data post-test Perilaku Prososial diperoleh skor rata-rata sebesar 161,7. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavioral lebih tinggi daripada sebelum mendapat layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavioral. Layanan konseling kelompok pendekatan behavioral memberikan kontribusi sebesar 25,23 % terhadap peningkatan perilaku prososial siswa kelas XI Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 040 |
Keywords: | Konseling kelompok, Pendekatan Behavioral, Perilaku Prososial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2017 15:48 |
Last Modified: | 07 Dec 2017 08:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27654 |