Khadijah, Siti (2017) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN RASIONAL EMOTIF TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XII SMK YPI AMIR HAMZAH MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1132151009_COVER.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
2. NIM. 1132151009_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
3. NIM. 1132151009_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4. NIM. 1132151009_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
5. NIM. 1132151009_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 1132151009_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM. 1132151009_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM. 1132151009_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM. 1132151009_BAB I.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
13. NIM. 1132151009_BAB V.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
14. NIM. 1132151009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling
kelompok pendekatan rasional emotif terhadap disiplin belajar siswa kelas XII
SMK YPI Amir Hamzah Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi experimental dan desain Pretest-postest
one group design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 orang siswa, 8 orang
siswa memiliki disiplin belajar rendah dan 2 orang siswa memiliki disiplin belajar
sedang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui disiplin belajar siswa adalah
dengan menggunakan angket sebanyak 31 butir item (valid) yang sebelumnya
diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Teknik analisis
data menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung = 13 dengan
= 0,05, adapun J tabel = 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan
konseling kelompok pendekatan rasional emotif berpengaruh terhadap disiplin
belajar siswa. Hal ini terlihat dari uji wilcoxon dengan hasil Jhitung > Jtabel, yaitu 13
> 8 artinya hipotesis diterima. Data pretest disiplin belajar diperoleh skor rata-rata
54,5, sedangkan data postest disiplin belajar diperoleh skor rata-rata sebesar 78,9.
Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan konseling kelompok
pendekatan rasional emotif lebih meningkat dari pada sebelum mendapat layanan
konseling kelompok pendekatan rasional emotif. Layanan konseling kelompok
pendekatan rasional emotif memberikan kontribusi sebesar 45% terhadap
peningkatan siswa kelas XII SMK YPI Amir Hamzah Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 053 |
Keywords: | KONSELING KELOMPOK, PENDEKATAN RASIONAL EMOTIF, DISIPLIN BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2017 15:42 |
Last Modified: | 11 Dec 2017 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27641 |