PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN RASIONAL EMOTIF TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XII SMK YPI AMIR HAMZAH MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Khadijah, Siti (2017) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN RASIONAL EMOTIF TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XII SMK YPI AMIR HAMZAH MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1132151009_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1132151009_COVER.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1132151009_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1132151009_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1132151009_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1132151009_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1132151009_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1132151009_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1132151009_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1132151009_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1132151009_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1132151009_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1132151009_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1132151009_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1132151009_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1132151009_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1132151009_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1132151009_BAB I.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1132151009_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1132151009_BAB V.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1132151009_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1132151009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling
kelompok pendekatan rasional emotif terhadap disiplin belajar siswa kelas XII
SMK YPI Amir Hamzah Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi experimental dan desain Pretest-postest
one group design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 orang siswa, 8 orang
siswa memiliki disiplin belajar rendah dan 2 orang siswa memiliki disiplin belajar
sedang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui disiplin belajar siswa adalah
dengan menggunakan angket sebanyak 31 butir item (valid) yang sebelumnya
diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Teknik analisis
data menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung = 13 dengan
 = 0,05, adapun J tabel = 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan
konseling kelompok pendekatan rasional emotif berpengaruh terhadap disiplin
belajar siswa. Hal ini terlihat dari uji wilcoxon dengan hasil Jhitung > Jtabel, yaitu 13
> 8 artinya hipotesis diterima. Data pretest disiplin belajar diperoleh skor rata-rata
54,5, sedangkan data postest disiplin belajar diperoleh skor rata-rata sebesar 78,9.
Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan konseling kelompok
pendekatan rasional emotif lebih meningkat dari pada sebelum mendapat layanan
konseling kelompok pendekatan rasional emotif. Layanan konseling kelompok
pendekatan rasional emotif memberikan kontribusi sebesar 45% terhadap
peningkatan siswa kelas XII SMK YPI Amir Hamzah Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BK 053
Keywords: KONSELING KELOMPOK, PENDEKATAN RASIONAL EMOTIF, DISIPLIN BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Dec 2017 15:42
Last Modified: 11 Dec 2017 02:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27641

Actions (login required)

View Item
View Item