Khairiah (2017) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK PENGUATAN POSITIF TERHADAP PERILAKU SIBLING RIVALRY SISWA DI SMK NEGERI 9 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133151023_COVER.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
2. NIM. 1133151023_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
3. NIM. 1133151023_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4. NIM. 1133151023_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM. 1133151023_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 1133151023_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 1133151023_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM. 1133151023_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM. 1133151023_BAB I.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
13. NIM. 1133151023_BAB V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
14. NIM. 1133151023_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan konseling
kelompok dengan teknik penguatan positif terhadap perilaku sibling rivalry siswa
di SMK Negeri 9 Medan tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah
penelitian quasi experiment dengan pretest-postest control group desain. Teknik
penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data siswa yang memiliki tingkat
perilaku sibling rivalry yakni menggunakan angket yang dibagikan kepada 30
siswa di SMK Negeri 9 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 dan diambil 8 siswa
dengan menggunakan purposive sampling yang memiliki persentasi perilaku
sibling rivalry tinggi dan sedang. Dari hasil angket pre-test diperoleh skor ratarata
sebesar 89,37 sedangkan hasil post-test diperoleh skor rata-rata 139,62.
Berdasarkan hasil tersebut dapat dilihat adanya peningkatan persentase perilaku
sibling rivalry atau penurunan perilaku sibling rivalry siswa setelah diberikan
layanan konseling kelompok teknik penguatan positif dengan kontribusi sebesar
56%. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik nonparametrik dengan
menggunakan uji wilcoxon. Hasil analisis uji wilcoxon menunjukkan bahwa pada
uji jumlah jenjang wilcoxon diperoleh hasil perhitungan jumlah jenjang bertanda
positif = 30 dan jumlah jenjang bertanda negatif = 6. Jadi, nilai Jhitung = 6 yaitu
jumlah jenjang yang lebih kecil. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda
wilcoxon untuk n= 8, α = 0,05 adalah 6. Dari hasil analisis dilihat Jhitung > Jtabel
dimana 6 > 4 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “ Pengaruh Layanan Konseling
Kelompok Teknik Penguatan Positif Terhadap Perilaku Sibling Rivalry Siswa di
SMK Negeri 9 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 ” dapat diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 057 |
Keywords: | Konseling kelompok, Teknik Penguatan Positif, Sibling Rivalry |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2017 15:40 |
Last Modified: | 11 Dec 2017 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27637 |