Kamaruddin, Naimah Binti (2017) KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA DI SEKOLAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (STUDI DI KELAS X SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1134651001_COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 1134651001_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
3. NIM. 1134651001_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4. NIM. 1134651001_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM. 1134651001_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
6. NIM. 1134651001_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
7. NIM. 1134651001_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM. 1134651001_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
9. NIM. 1134651001_BAB I.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
13. NIM. 1134651001_BAB V.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
14. NIM. 1134651001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran kemampuan
penyesuaian diri siswa di sekolah secara umum dan ditinjau dari variabel jenis
kelamin (laki-laki dan perempuan) dan variabel jurusan (IPA dan IPS) dan (2)
merumuskan program Bimbingan dan Konseling terkait dengan kemampuan
penyesuaian diri siswa di kelas X SMA Negeri 8 Medan Tahun Ajaran
2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan
kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang
siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan dengan pengambilan sampel dilakukan
dengan simple random sampling metode undian. Instrumen pengumpulan data
yang digunakan untuk mengungkap penyesuaian diri siswa di sekolah adalah
skala kemampuan penyesuaian diri siswa di sekolah, kemudian dianalisis untuk
mengetahui teknik pengolahan skor dan kategorisasi data. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: (1) kemampuan penyesuaian diri siswa kelas X SMA
Negeri 8 Medan secara umum dalam kategori sangat tinggi sebanyak 19 orang
(33%), 34 orang (56%) termasuk pada kategori tinggi, dan 7 orang (11%)
termasuk dalam kategori sedang. (2) kemampuan penyesuaian diri siswa kelas X
SMA Negeri 8 Medan ditinjau dari variabel jenis kelamin (laki-laki dan
perempuan) menunjukkan bahwa laki-laki berada pada kategori sangat tinggi
sebanyak 14 orang (34%), 23 orang (57%) termasuk kategori tinggi, dan 4 orang
(9%) termasuk pada kategori sedang. Variabel jenis kelamin perempuan berada
pada kategori sangat tinggi sebanyak 6 orang (31%), 10 orang (52%) termasuk
pada kategori tinggi dan 3 orang (17%) termasuk dalam kategori sedang. (3)
kemampuan penyesuaian diri siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan ditinjau dari
variabel jurusan menunjukkan bahwa siswa jurusan IPA berada pada kategori
sangat tinggi sebanyak 11 orang (30%), 20 orang (54%) termasuk pada kategori
tinggi, dan 6 orang (16%) termasuk dalam kategori sedang. Jurusan IPS berada
pada kategori sangat tinggi sebanyak 8 orang (35%), 14 orang (61%) termasuk
pada kategori tinggi, dan 1 orang (4%) termasuk pada kategori sedang.
Berdasarkan data di atas, dirumuskan program Bimbingan dan Konseling yang
memuat program tahunan, program semester, program bulanan dan program
mingguan terkait dengan bidang pengembangan pribadi dan sosial dengan sub
bidang pengembangan kemampuan penyesuaian diri siswa di sekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 087 |
Keywords: | Penyesuaian Diri, Siswa Di Sekolah, Program Bimbingan dan Konseling |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2017 15:18 |
Last Modified: | 07 Dec 2017 07:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27608 |