Bintang, Lespita (2017) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PERILAKU SIBLING RIVALRY SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1132151006 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 1132151006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 1132151006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4. NIM. 1132151006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. NIM. 1132151006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
6. NIM. 1132151006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM. 1132151006 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM. 1132151006 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM. 1132151006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
13. NIM. 1132151006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
14. NIM. 1132151006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan konseling kelompok teknik role playing terhadap perilaku sibling rivalry pada siswa kelas X IPA-3 SMA N 15 Medan T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus s/d Oktobet 2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan one group pre-test post-test design.Teknik penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data siswa yang memiliki tingkat perilaku sibling rivalry yakni menggunakan angket yang dibagikan kepada 30 siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 dan diambil 8 siswa secara homogen yang memiliki persentasi perilaku sibling rivalry rendah dan sedang. Dari hasil angket pre-test diperoleh skor rata-rata sebesar 81,25 sedangkan hasil post-test diperoleh skor rata-rata 128,12. Berdasarkan hasil tersebut dapat dilihat adanya peningkatan persentase perilaku sibling rivalry atau penurunan perilaku sibling rivalry siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik role playing dengan kontribusi sebesar 58%. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik nonparametrik dengan menggunakan uji wilcoxon. Hasil analisis uji wilcoxon menunjukkan bahwa pada uji jumlah jenjang wilcoxon diperoleh hasil perhitungan jumlah jenjang bertanda positif = 29 dan jumlah jenjang bertanda negatif = 6. Jadi, nilai Jhitung = 6 yaitu jumlah jenjang yang lebih kecil. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda wilcoxon untuk n= 8, α = 0,05 adalah 4. Dari hasil analisis dilihat Jhitung > Jtabel dimana 6 > 4 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “ pengaruh pemberian layanan konseling kelompok teknik role playing terhadap perilaku sibling rivalry siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 ” dapat diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 088 |
Keywords: | Konseling Kelompok,Role Playing, Sibling Rivalry |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2017 15:17 |
Last Modified: | 17 Apr 2018 08:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27607 |