IDENTIFIKASI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI PAUD KECAMATAN PERCUT SEI TUAN T.A 2016/2017

Sinaga, Desi Oktavia (2017) IDENTIFIKASI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI PAUD KECAMATAN PERCUT SEI TUAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1133313008_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1133313008_COVER.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1133313008_LEMBAR PERSETUJUAN  & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1133313008_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1133313008_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1133313008_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1133313008_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1133313008_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1133313008_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1133313008_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1133313008_BAB I.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1133313008_BAB I.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 1133313008_BAB V.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 1133313008_BAB V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 1133313008_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 1133313008_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah lingkungan sekolah yang belum
dimanfaatkan sebagai sumber belajar . Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui
apa sajakah sumber belajar yang ada di lingkungan sekolah PAUD Kecamatan
Percut Sei Tuan dan apakah sudah dimanfaatkan dengan baik.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif.
Sampel penelitian adalah sebanyak 3 lembaga yang pengambilan sampel dengan
ketentuan strata yaitu lingkungan pedesaan (PAUD Olo Mandiri), pinggiran kota
(PAUD Siaga Muda), dan perkotaan (PAUD Kasih Bapa) yang ada di Kecamatan
Percut sei Tuan. Data ini diperoleh dengan melakukan observasi langsung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua PAUD di Kecamatan
Percut Sei Tuan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.
Teknik analisis pada penelitian ini adalah menggunakan Rumus yang
dikemukakan oleh Sugiyono (2008) dengan rumus A =
x 100
Responden A memanfaatkan sumber belajar yang ada di lingkungan sekolah
dengan baik dengan jumlah persentase 100 %, sedangkan Responden B kadangkadang
menggunakan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan jumlah
persentase 54,54% dan Responden C jarang menggunakan lingkungan sekolah
sebagai sumber belajar 25%.
Maka dapat disimpulkan bahwa masih ada PAUD yang belum dan yang sudah
memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PAUD 077
Keywords: Lingkungan Sekolah,Sumber Belajar,Penelitian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Dec 2017 15:01
Last Modified: 06 Dec 2017 02:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27588

Actions (login required)

View Item
View Item