Sinaga, Desi Oktavia (2017) IDENTIFIKASI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI PAUD KECAMATAN PERCUT SEI TUAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133313008_COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2. NIM. 1133313008_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
3. NIM. 1133313008_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4. NIM. 1133313008_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
5. NIM. 1133313008_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM. 1133313008_BAB I.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
10. NIM. 1133313008_BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
11. NIM. 1133313008_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah lingkungan sekolah yang belum
dimanfaatkan sebagai sumber belajar . Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui
apa sajakah sumber belajar yang ada di lingkungan sekolah PAUD Kecamatan
Percut Sei Tuan dan apakah sudah dimanfaatkan dengan baik.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif.
Sampel penelitian adalah sebanyak 3 lembaga yang pengambilan sampel dengan
ketentuan strata yaitu lingkungan pedesaan (PAUD Olo Mandiri), pinggiran kota
(PAUD Siaga Muda), dan perkotaan (PAUD Kasih Bapa) yang ada di Kecamatan
Percut sei Tuan. Data ini diperoleh dengan melakukan observasi langsung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua PAUD di Kecamatan
Percut Sei Tuan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.
Teknik analisis pada penelitian ini adalah menggunakan Rumus yang
dikemukakan oleh Sugiyono (2008) dengan rumus A =
x 100
Responden A memanfaatkan sumber belajar yang ada di lingkungan sekolah
dengan baik dengan jumlah persentase 100 %, sedangkan Responden B kadangkadang
menggunakan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan jumlah
persentase 54,54% dan Responden C jarang menggunakan lingkungan sekolah
sebagai sumber belajar 25%.
Maka dapat disimpulkan bahwa masih ada PAUD yang belum dan yang sudah
memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 077 |
Keywords: | Lingkungan Sekolah,Sumber Belajar,Penelitian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2017 15:01 |
Last Modified: | 06 Dec 2017 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27588 |