Hasibuan, Arfah Halimah (2018) STRATEGI PEMASARAN PRODUK INDUSTRI RUMAH TANGGA KUE BASAH OLEH KELOMPOK USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA (UP2K) DI KELURAHAN PAYA PASIR KECAMATAN MEDAN MARELAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1101171001 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2. NIM. 1101171001 LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
3. NIM. 1101171001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4. NIM. 1101171001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM. 1101171001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 1101171001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM. 1101171001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM. 1101171001 BAB I.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
12. NIM. 1101171001 BAB V.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
13. NIM. 1101171001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu. 1) kelompok usaha kue basah
mengalami kesulitan dalam memasarkan produk kue basah 2) produk kue basah
kelompok Usaha Peningkatan Keluarga Kelurahan Paya Pasir belum dikenal
banyak orang 3) terbatasnya pengetahuan dan keterampilan anggota kelompok
tentang pemanfaatan perkembangan teknologi serta banyaknya pesaing sebab
penjual kue basah banyak terdapat di berbagai pasar dan pinggiran jalan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil strategi pemasaran
usaha kue basah yang dilakukan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan
Keluarga (UP2K) Kelurahan Paya Pasir.
Teori yang digunakan adalah Strategi Pemasaran menurut Philip Kotler
(2004:81) dan Arifadiati (2015:51), teori Usaha kecil Menengah (UKM) menurut
KepMenKeu Nomor 316/KMK.016/1994 dan Robiyanto Febra (2004), teori
Industri Rumah Tangga dan teori Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga
(UP2K).
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan
analisis deskriptif, informan dalam penelitian ini sebanyak 4 (empat) orang
anggota Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga bidang Kue basah di
Kelurahan Paya Pasir Kecamatan Medan Marelan. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dengan demikian hasil penelitian di lapangan dapat disimpulkan bahwa
strategi pemasaran kue basah yang dilakukan Kelompok Usaha Peningkatan
Pendapatan Keluaraga (UP2K) bidang kue basah di Kelurahan Paya Pasir
Kecamatan Medan Marelan sudah baik, hal ini dapat dilihat dari hasil penerapan
strategi pemasaran kelompok yang mengutamakan kualitas dan pelayanan
produk, harga yang bisa dijangkau dan membuat pelanggan dan pembeli samasama
cocok karena harga ditetapkan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak,
lokasi pemasaran yang strategis serta persediaan kuenya yang memadai. Akan
tetapi masih perlu menerapkan dan meningkatkan strategi promosi yang lebih
kreatif agar usaha lebih dikenal oleh masyarakat lainnya guna meningkatkan
penjualan. Namun meskipun demikian, dengan strategi pemasaran yang sudah
diterapkan tersebut hasilnya sudah mampu memberikan dampak terhadap
peningkatan pendapatan keluarga
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PLS 077 |
Keywords: | Strategi Pemasaran,Strategi Produk,Harga |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2350 Large industry. Factory system. Big business > HD3611 Industrial policy. The state and industrial organization H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD4801 Labor. Work. Working class > HD5701 Labor market. Labor supply. Labor demand |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2017 14:59 |
Last Modified: | 06 Dec 2017 02:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27585 |