Sari, Dwhy Dinda (2017) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SMP NEGERI 6 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156122035 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. NIM. 8156122035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
3. NIM. 8156122035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
4. NIM. 8156122035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 8156122035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. NIM. 8156122035 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 8156122035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8156122035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 8156122035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
13. NIM. 8156122035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
14. NIM. 8156122035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah ada perbedaan antara hasil belajar bahasa Inggris siswa yang diajar dengan Pendekatan Saintifik dengan Pendekatan Komunikatif (2) Apakah ada perbedaan hasil belajar bahasa Inggris siswa yang memiliki kepribadian sanguinis, koleris, phlegmatis dan melankolis (3) Interaksi antara pendekatan pembelajaran dan tipe kepribadian yang mempengaruhi hasil belajar bahasa Inggris siswa. Populasi terdiri dari 390 siswa kelas 7 SMP Negeri 6 Medan pada semester II tahun akademik 2016/2017 dan sampel terdiri dari 70 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimental dengan menggunakan rancangan faktorial 2x4. Instrumen yang digunakan adalah tes bahasa Inggris yang terdiri dari 35 pilihan ganda dan instrumen yang digunakan dalam tipe kepribadian yang terdiri dari 40 angket pernyataan. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Terdapat perbedaan antara hasil belajar bahasa Inggris siswa yang diajar dengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran Saintifik dengan Pendekatan Pembelajaran Komunikatif. Hasil belajar bahasa Inggris yang diajarkan dengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran Saintifik lebih tinggi daripada hasil belajar bahasa Inggris yang diajarkan dengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran Komunikatif, di mana Fhitung> Ftabel (6.62 > 3.9). (2) Ada perbedaan antara hasil belajar bahasa Inggris siswa yang memiliki kepribadian sanguinis, koleris, phlegmatis dan melankolis. Hasil pembelajaran bahasa Inggris kepribadian sanguinis lebih tinggi daripada kepribadian koleris, phlegmatis dan melankolis, di mana Fhitung> Ftabel (5.61 > 2.7). (3) Ada interaksi yang signifikan antara penggunaan pendekatan pembelajaran dan tipe kepribadian pada hasil belajar, dimana Fhitung> Ftabel (4.40 > 2.7).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.652 Lub p |
Keywords: | Hasil belajar; Bahasa inggris; Tipe kepribadian; Pendekatan pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 Dec 2017 02:25 |
Last Modified: | 05 Dec 2017 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27582 |