Wassalwa, Manna (2017) KONTRIBUSI PENGUASAAN STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS TERHADAP KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA DHARMAWANGSA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2133111045 Cover .pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
2. NIM 2133111045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (673kB) | Preview
3. NIM 2133111045 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
4. NIM 2133111045 PREFACE .pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM 2133111045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM 2133111045 TABLE.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7. NIM 2133111045 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
8. NIM 2133111045 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
12. NIM 2133111045 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
13. NIM 2133111045 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi penguasaan struktur dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan memproduksi teks eksplanasi kompleks oleh siswa kelas XI SMA Dharmawangsa Medan tahun pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 14 kelas dengan jumlah 520 orang. Sampel yang diambil adalah 80 orang. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Data penguasaan struktur, ciri kebahasaan, dan kemampuan memproduksi teks eksplanasi kompleks oleh siswa dijaring dengan menggunakan objektif tes sebanyak 30 soal dan essay tes yang disusun berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Penguji hipotesis dilakukan dengan uji “t”. Kontribusi penguasaan struktur teks eksplanasi kompleks terhadap kemampuan memproduksi teks eksplanasi kompleks diperoleh nilai thitung > ttabel (7,425 > 1,671). Dan kontribusi penguasaan ciri kebahasaan teks eksplanasi kompleks terhadap kemampuan memproduksi teks eksplanasi kompleks diperoleh nilai thitung > ttabel (5,09 > 1,671). Lalu kontribusi penguasaan struktur dan ciri kebahasaan teks eksplanasi kompleks diperoleh nilai thitung > ttabel (11,53 > 1,671). Dari perolehan data menunjukkan bahwa maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat kontribusi penguasaan struktur dan ciri kebahasaan yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks siswa kelas XI SMA Dharmawangsa Medan tahun pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 145 |
Keywords: | Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks, Memproduksi Teks Eksplanasi Kompleks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 15:02 |
Last Modified: | 28 Nov 2017 02:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27443 |