Syahputra, Muhammad Randy (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH OLEH SISWA KELAS XI TKJ SMK SWASTA HARAPAN STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2113311044 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
2. NIM 2113311044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
3. NIM 2113311044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4. NIM 2113311044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM 2113311044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
6. NIM 2113311044 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
7. NIM 2113311044 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
8. NIM 2113311044 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
9. NIM 2113311044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
13. NIM 2113311044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM 2113311044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis karya ilmiah oleh siswa kelas XI TKJ SMK Swasta Stabat Tahun Pembelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan metode post-test only control group design yaitu suatu rancangan penelitian yang menggunakan dua kelompok subjek, kontrol dan eksperimen. Kelompok eksperimen diberi perlakuan sementara kelompok kontrol tidak, dan kedua kelompok dilakukan post test saja. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI TKJ sebanyak 4 kelas dengan jumlah siswa 152 siswa. Sampel penelitian sebanyak 37 siswa untuk kelas eksperimen dan 38 siswa untuk kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil rata-rata dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan nilai rata-rata 77, simpangan baku 4,72 dari jumlah siswa sebanyak 34 orang. Kategori pencapaian Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam menulis karya ilmiah adalah kategori baik sebanyak 29 orang atau 86%, dan kategori cukup sebanyak 5 orang atau 14%. Sedangkan Pembelajaran Ekspositori sebesar 69,94, dan simpangan baku 4,72 . Kategori Model Pembelajaran Ekspositori kategori baik 19 orang atau 55,88%, dan kategori cukup 15 orang atau 46,87%. Kesimpulan bahwa Pembelajaran Berbasis Masalah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis karya ilmiah siswa kelas XI TKJ SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 166 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, MENULIS KARYA ILMIAH |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 14:52 |
Last Modified: | 27 Nov 2017 06:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27423 |