Harahap, Dian Silva (2017) HUBUNGAN PENGUASAAN UNSUR INTRINSIK CERPEN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01.NIM 2133111016 COVER.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
02. NIM 2133111016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (561kB) | Preview
03. NIM 2133111016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
04. NIM 2133111016 ACNOWLEDGMENT.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
05. NIM 2133111016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
06. NIM 2133111016 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
07. NIM 2133111016 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
08. NIM 2133111016 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
09. NIM 2133111016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
13. NIM 2133111016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
14. NIM 2133111016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan penguasaan unsur intrinsik cerpen dengan kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 6 Medan Tahun pembelajaran 2017/2018. Populasi penelitian diambil dengan cara random sampling yaitu kelas XI Mia 2 yang berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif korelatif. Isntrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes objektif pilihan berganda serta tes uraian.
Dari pengolahan data diperoleh hasil penguasaan unsur intrinsik cerpen dengan rata-rata 70 .hasil kemampuan menulis teks cerpen dengan rata-rata 73,16. Dari uji normalitas data hasil penguasaan unsur intrinsik cerpen dan kemampuan menulis teks cerpen berdistribusi normal. Selanjutnya pada uji linieritas data penelitian tersebut dinyatakan linier. Setelah melakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dan uji linieritas, selanjutnya dilakukan uji hipotesis. Untuk mengetahui tingkat hubungan variabel X dan variabel Y digunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan uji hipotesis tersebut, maka hubungan penguasaan unsur intrinsik cerpen dengan kemampuan menulis teks cerpen diperoleh r= 0,68. Untuk taraf signifikan α = 0,05 dengan > (0,68 > 0,361) sehingga hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penguasaan unsur intrinsik cerpen dengan penguasaan teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 172 |
Keywords: | HUBUNGAN PENGUASAAN UNSUR INTRINSIK CERPEN, KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 14:50 |
Last Modified: | 27 Nov 2017 05:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27417 |