Berutu, Eva Muliana (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL DENGAN TEKNIK PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII MTS AL-JAMI'YATUL WASHLIYAH TEMBUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 2131111016 COVER.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
02. NIM 2131111016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
03. NIM 2131111016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
04. NIM 2131111016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
05. NIM 2131111016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
06. NIM 2131111016 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
07. NIM 2131111016 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
08. NIM 2131111016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
12. NIM 2131111016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
13. NIM 2131111016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media audiovisual dengan teknik pemberian tugas terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Jami’yatul Washliyah Tembung Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 373 siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas VIII-2 yang berjumlah 37 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah essay test.
Dari pengolahan data diperoleh hasil pre-test dengan rata-rata =58,51, standar deviasi = 7,87, dan standar eror = 1,31. Yang termasuk dalam kategori sangat baik 0%, kategori baik 13,51%, kategori cukup 51,35%, kategori kurang 16,21%, dan kategori sangat kurang 18,91%. Sedangkan hasil post-test diperoleh dengan rata-rata = 79,05, standar deviasi = 7,34, dan standar eror = 1,22 dengan kategori sangat baik 37,83%, kategori baik 51,35%, kategori cukup 10,81%, kategori kurang 0%, dan kategori sangat kurang 0%. Dari uji data hasil pre-test dan post-test didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat t0 sebesar 11,47. Selanjutnya setelah t0 diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df=N-1=37-1=36. Dari df=36 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,02, karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 11,47 > 2,02, maka hipotesis diterima.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan atas penerapan media audiovisual dengan teknik pemberian tugas terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi di MTs Al-Jami’yatul Washliyah Tembung Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 185 |
Keywords: | Media Audiovisual; Teknik Pemberian Tugas; Teks Eksplanasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699 Journalism. The periodical press, etc. |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 14:46 |
Last Modified: | 27 Nov 2017 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27404 |