Lestari, Gusrinda (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA KELAS VII YAYASAN DARUL ILMI MURNI DELI TUA TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 6133311027 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2.NIM. 6133311027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3.NIM. 6133311027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
4.NIM. 6133311027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
5.NIM. 6133311027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
6.NIM. 6133311027 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8.NIM. 6133311027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
9.NIM. 6133311027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
13.NIM. 6133311027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
14.NIM. 6133311027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar chest pass perminan bola basket melalui gaya mengajar inklusi pada siswa kelas VII SMP Yayasan Darul Ilmi Murni Deli Tua Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Yayasan Darul Ilmi Murni Deli Tua dengan jumlah siswa 26 orang.
Berdasarkan tes awal hasil belajar keterampilan chest pass 8 siswa telah tuntas (30, 76%) dan 18 siswa belum tuntas (60,24%) dengan nilai KKM rata-rata 70,51. Dari observasi kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran chest pass, pada siklus I kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori kurang (67,85%). Sedangkan pada siklus II kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi sangat baik (92,85%). Selanjutnya, sesuai hasil observasi partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran chest pass bola basket melalui gaya mengajar inklusi pada siklus I keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori kurang (60%). Sedangkan pada siklus II keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi lebih baik (85%). Kemudian untuk memperoleh hasil belajar keterampilan chest pass bola basket maka dilakukan tes hasil belajar yang dinilai berdasarkan portofolio yang telah disusun. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 14 siswa (53,84 %) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 12 siswa (46,16 %) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai KKM rata-rata 74,89, nilai KKM yang seharusnya diperoleh siswa adalah ≥78. Pada tes hasil belajar siklus II, siswa mengalami peningkatan hasil belajar yaitu 23 siswa (88,46 %) telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 3 siswa (11,54 %) belum mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai klasikal 81,83. Berdasarkan hasil tes tersebut terjadi peningkatan jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dan memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85 %.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan hasil belajar chest pass permainan bola basket pada siswa kelas VII SMP Yayasan Darul Ilmi Murni Deli Tua Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 110 |
Keywords: | PERMAINAN BOLA BASKET,Pendidikan Jasmani,Gaya Mengajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2017 11:35 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27354 |