Ibrahim, Juanda (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA DENGAN KAKI BAGIAN DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X SMA AL-WASLIYAH PASAR SENEN MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6111511018 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 6111511018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
3. NIM. 6111511018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4. NIM. 6111511018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
5. NIM. 6111511018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
6. NIM. 6111511018 TABLES.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
7. NIM. 6111511018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
8. NIM. 6111511018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
9. NIM. 6111511018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
13. NIM. 6111511018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. NIM. 6111511018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan proses pembelajaran menggiring bola dengan kaki bagian dalam permainan sepak bola melalui variasi pembelajaran pada kelas X SMA Al-Washliyah Pasar Senen Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek disini adalah siswa/i kelas X yang berjumlah 30 orang, dengan 14 laki laki, dan 16 perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar. Pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran menggiring bola dengan kaki bagian dalam menggunakan variasi pembelajaran yang dilakukan pada Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk tes menggiring bola dengan kaki bagian dalam.
Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan variasi pembelajaran (pre-test) di peroleh 9 siswa/i (30%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 21 siswa/i (70%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rat-rata 67,22. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang melalui beberapa variasi pembelajaran siklus I. Dari tes hasil belajar siklus I menggiring bola dengan kaki bagian dalam variasi pembelajaran pada siklus I diperoleh 19 siswa/i (63,33) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 11 siswa/i (36,67) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rat-rata 72,50. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran menggiring bola dengan kaki bagian dalam serta beberapa variasi pembelajaran yang lebih variatif. Dari tes hasil belajar yang dilakukan pada siklus II diperoleh 26 siswa/i dengan (86,67) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa/i (13,33) belum mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar, dengan nilai rata-rata 82,23. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (80%) telah tercapai.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar menggiring bola dengan kaki bagian dalam pada siswa/i kelas X SMA Al-Washliyah Pasar Senen Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 119 |
Keywords: | Menggiring Bola,Kaki Bagian Dalam, Penelitian Tindakan Kelas. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2017 11:30 |
Last Modified: | 23 Nov 2017 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27343 |