Baharuddin, Syaipul Hari (2017) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN VARIASI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS BOLA BASKET PADA SISSWA KELAS X.MIA-5 SMA N.1 STABAT TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6131111066 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 6101112066 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
3. NIM. 6101112066 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
4. NIM. 6101112066 PREFACE.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
5. NIM. 6101112066 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
6. NIM. 6101112066 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
7. NIM. 6101112066 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
8. NIM. 6101112066 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
9. NIM. 6131111066 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
13. NIM. 6131111066 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM. 6101112066 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar chest
pass pada permainan bola basket melalui penerapan pendekatan saintifik dan
variasi pembelajaran pada siswa Kelas X.MIA-5 SMA N.1 Stabat Tahun Ajaran
2017/2018.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian
dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah kelas X.MIA-5 sebanyak 36
siswa yang terdiri dari 14 putra dan 22 putri. Penelitian dilaksanakan di SMA N.1
Stabat pada tanggal 30 September s/d 07 Oktober 2017. Teknik pengumpulan data
menggunakan lembar observasi dan portofolio penilaian tes.
Hasil penelitian siklus I setelah dilakukan post test siklus I dari 36 siswa
terdapat 24 siswa (66,66%) tuntas dan 12 orang (36.67%) belum tuntas dengan
nilai rata-rata 66,63 (belum tuntas). Hasil penelitian siklus II setelah dilakukan
post test siklus II dari 36 siswa terdapat 31 siswa (86,11%) tuntas dan 5 siswa
(13,88%) tidak tuntas dengan nilai rata-rata 73,11 (tuntas). Kenaikan nilai ratarata
antara siklus I dan siklus II adalah sebesar 6,48. Berdasarkan hasil analisis
data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan penerapan
pendekatan saintifik dan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar
chest pass bola basket pada siswa kelas X.MIA-5 SMA N.1 Stabat Tahun Ajaran
2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 128 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani,Hasil Belajar,Bola basket |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2017 11:26 |
Last Modified: | 23 Nov 2017 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27330 |