PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI SEMESTER I SMK SWASTA TAMAN SISWA BINJAI T.P 2017/2018

Pratama, Dilla (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI SEMESTER I SMK SWASTA TAMAN SISWA BINJAI T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4131121009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4131121009 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4131121009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4131121009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4131121009 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4131121009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4131121009 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4131121009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4131121009 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4131121009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4131121009 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4131121009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4131121009 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4131121009 TABLES.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4131121009 APPENDICS.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4131121009 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4131121009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4131121009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4131121009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4131121009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4131121009 BIBIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4131121009 BIBIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1)mengetahui hasil belajar siswa dengan
model pembelajaran Induktif, (2)mengetahui hasil belajar siswa dengan model
pembelajaran konvensional, (3)mengetahui aktivitas belajar siswa dengan model
pembelajaran Induktif, (4)mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran
Induktif terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain
two group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI
SMK Swasta Taman Siswa Binjai T.P. 2017 / 2018. Sampel penelitian ini diambil
dengan teknik cluster random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas
eksperimen diterapkan model pembelajaran Induktif, dan kelas kontrol diterapkan
pembelajaran konvensional, masing-masing kelas sebanyak 34 siswa di kelas
eksperimen dan 34 siswa di kelas kontrol, data penelitian ini diperoleh dengan
menggunakan Instrumen berupa test pilihan berganda sebanyak 9 soal, observasi
aktivitas, sikap dan keterampilan siswa.
Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran induktif diperoleh ratarata
Pre-test 31,99 dan nilai rata-rata Post-test 76,39, kelas kontrol dengan
menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata Pre-test 26,77 dan
rata-rata Post-test 67,57. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi
yang homogen. Hasil uji t postes thitung adalah 3,52 sedangkan ttabel adalah 1,99
pada taraf nyata 0,05 artinya 95% Ha diterima dan 5% Ho ditolak dimana thitung >
ttabel. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang berarti dari model
pembelajaran Induktif secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi
fluida statis kelas XI SMK Swasta Taman Siswa Binjai T.P 2017/2018

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 222
Keywords: Model pembelajaran Induktif ; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Nov 2017 13:58
Last Modified: 22 Nov 2017 02:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27285

Actions (login required)

View Item
View Item