Pratama, Dilla (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI SEMESTER I SMK SWASTA TAMAN SISWA BINJAI T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131121009 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 4131121009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
3. NIM. 4131121009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4. NIM. 4131121009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
5. NIM. 4131121009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 4131121009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM. 4131121009 TABLES.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
8. NIM. 4131121009 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
9. NIM. 4131121009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
13. NIM. 4131121009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. NIM. 4131121009 BIBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1)mengetahui hasil belajar siswa dengan
model pembelajaran Induktif, (2)mengetahui hasil belajar siswa dengan model
pembelajaran konvensional, (3)mengetahui aktivitas belajar siswa dengan model
pembelajaran Induktif, (4)mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran
Induktif terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain
two group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI
SMK Swasta Taman Siswa Binjai T.P. 2017 / 2018. Sampel penelitian ini diambil
dengan teknik cluster random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas
eksperimen diterapkan model pembelajaran Induktif, dan kelas kontrol diterapkan
pembelajaran konvensional, masing-masing kelas sebanyak 34 siswa di kelas
eksperimen dan 34 siswa di kelas kontrol, data penelitian ini diperoleh dengan
menggunakan Instrumen berupa test pilihan berganda sebanyak 9 soal, observasi
aktivitas, sikap dan keterampilan siswa.
Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran induktif diperoleh ratarata
Pre-test 31,99 dan nilai rata-rata Post-test 76,39, kelas kontrol dengan
menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata Pre-test 26,77 dan
rata-rata Post-test 67,57. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi
yang homogen. Hasil uji t postes thitung adalah 3,52 sedangkan ttabel adalah 1,99
pada taraf nyata 0,05 artinya 95% Ha diterima dan 5% Ho ditolak dimana thitung >
ttabel. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang berarti dari model
pembelajaran Induktif secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi
fluida statis kelas XI SMK Swasta Taman Siswa Binjai T.P 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 222 |
Keywords: | Model pembelajaran Induktif ; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 13:58 |
Last Modified: | 22 Nov 2017 02:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27285 |