Sitompul, Rosliana (2007) HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN PANCUR BATU. Masters thesis, UNIMED.
NIM 035020204 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
NIM 035020204 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
NIM 035020204 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
NIM 035020204 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
NIM 035020204 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
NIM 035020204 BAB I.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
NIM 035020204 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
NIM 035020204 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ink adalah untuk mengetahui hubungan; (a) kreativitas kerjaguru dengan kemampuan memanfaatkan lingkungan sebagai media dan sumber belajar,(b) motivasi berprestasi guru dengan kemampuan memanfaatkan lingkungan sebagaimedia clan sumber behtjar, dan kreativitas kerja guru dan motivasi bermstasi gru.msecara bersama-sama dengan kemampuan memanfaatkan lingkungan sebagai media dansumber belajar.penelitian deskriptif ini menggunakan rancangan korelasional dilakukan diSekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Pancur Batu, selama empat bulan, sejak bulan Julisampai dengan bulan Oktober 2005. Variabel dalam penelitian ini adalah kreativitaskerja clan motivasi berprestasi sebagai variable prediktor,dan kemampuanmemanfaatkan lingkungan sebagai media dan sumber belajar sebagai variable kriterium.Populasi penelitian ini adalah semua guru SD Negeri Se-Kecamatan Pancur Batusebanyak 200 orang yang trsebar pada 30 unit SD: Sampe1 diambil secara clusterrandom sampling, diperoleh 10 sekolah, selanjutnya pengambilan sampel ditentukansecara acak dan diperoleh 50 gum.. Variabel Kreativitas Kerja guru diukur denganangket diperoleh r = 0,87. Motivasi Berprestasi diukur dengan angket diperoleh r = 0.93. dan kemampuan memanfaatkan lingkungan sebagai media dan sumber belajar diukurdengan angket dengan r = 0,86. Untuk pengujian hipotesis penelitian, data dianalisisdengan teknik statistik inferensial parametrik menggunakan teknik korviasi produkmomen, regresi sederhana, regresi Banda, dan korelasi parsial.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama terdapat hubungan positifyang signifikan antara kreativitas kerja dengan kemampuan memanfaatkan lingkungansebagai media dan sumber belajar (koefisien korelasi sebesar ry1 = 0,53 yang terujisecara sigmifikan pada α = 5% dengan persamaan regresi Y = 3,08 + 0,14 X1.Sumbangan efektif yariabci kreativitas kerja terhadap kemampuan memanfaatkanlingkungan sebagai media dan sumber belajar sebesar 26,83 %; kedua, terdapathubungan positif yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan kemampuanmemanfaatkan lingkungan sebagai media dan sumber belajar ry.2=0,44) yang terujisecara signifikan pada α = 5% dengan persamaan regresi Y = 4,98 + 0,15 X2.Sumbangan efektif variabel motivasi berprestasi terhadap kemampuan memanfaatkanlingkungan sebagai media dan cumber belajar sebesar 17,66%; iwtiga, terdapathubungan positif yang signifikan antara kreativitas kerja dan motivasi berprestasi secarabersama-sama dengan kemampuan memanfaatkan lingkungan sebagai media dansumber belajar (ry.2= 0,66 yang teruji secara signifikan pada α = 5% dengan persamaanregresi Y = 18,57 + 0,13 XI + 0,13 X2. Sumbangan efektif variabel profesionalisme dansikap terhadap inovasi pendidikan secara bersama-sama dengan kinerja guru adalah44,49 %.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.154 Sit h |
Keywords: | Kreativitas; Motivasi Berprestasi; Sumber Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Jul 2018 09:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2727 |