Ramadan, Fadli (2017) POLA PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENGELOLAAN PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 39 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM. 8156132009 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
02. NIM. 8156132009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
03. NIM. 8156132009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
04. NIM. 8156132009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
05. NIM. 8156132009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
06. NIM. 8156132009 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
07. NIM. 8156132009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
08. NIM. 8156132009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
09. NIM. 8156132009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
13. NIM. 8156132009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
14. NIM. 8156132009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Pengintegrasian Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Pengelolaan Penyelenggaraan Pembelajaran di SMP Negeri 39. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data yang dibutuhkan dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan guru. Pelaksanaan pendidikan karakter di SMP Negeri 39 Medan terlaksana dengan efektif dengan mengacu kepada rencana yang telah dibuat. Implementasi pendidikan karakter SMP Negeri 39 Medan dilakukan melalui (1) pengintegrasian melalui mata pelajaran, dengan memasukkan nilai-nilai pendidikan karakter pada perangkat pembelajaran yaitu silabus dan RPP,(2) melalui pengintegrasian mata pelajaran muatan lokal, dan (3) melalui pengembangan diri (pembiasaan), yaitu kegiatan terprogram, kegiatan rutin, kegiatan keteladanan, kegiatan spontan, dan kegiatan penunjang serta (4) pengkondisian, dilakukan dengan penyediaan sarana pendukung pendidikan karakter dan pembudayaan pendidikan karakter. Pelaksanaan pendidikan karakter SMP Negeri 39 Medan melibatkan semua komponen di sekolah (Kepala sekolah, guru dan karyawan) dan peran serta orang tua di rumah. Dengan adanya koordinasi ini telah meningkatkan keefektifan pembentukkan karakter anak. Dalam penyelenggaraan pendidikan karakter anak, utamanya di sekolah tidak akan memperoleh hasil yang maksimal apabila tidak melibatkan semua komponen pendidikan di sekolah dan peran serta orang tua di rumah dalam pembentukkan karakter anak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.114 Ram p |
Keywords: | Pendidikan Karakter; Efektifitas; Kepala Sekolah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 08:31 |
Last Modified: | 05 Dec 2017 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27262 |